7 Fitur Baru Yang Ada di Windows 11

Windows 11 akhirnya resmi hadir setelah Livestream yang diadakan oleh Microsoft belum lama ini. Windows 11 menghadirkan sebuah UI yang sepenuhnya telah di desain ulang, estetika baru, Auto HDR untuk berbagai game, Aplikasi Android, dan banyak lagi. Terdapat banyak hal yang menarik mengenai Windows 11, namun jika kalian hanya mencari fitur yang benar-benar baru, berikut fitur-fitur tersebut.

7 Fitur Baru Yang Ada di Windows 11

Gaming Auto HDR

Jika kalian tengah memainkan  berbagai game klasik atau game non HDR di PC, Windows 11 akan secara otomatis melakukan update pada pencahayaan, dan warna untuk menyamai spesifikasi HDR. Fitur ini telah tersedia di konsol Xbox belum lama ini, dan tentunya tidak mengherankan jika fitur ini juga hadir di PC. Microsoft sendiri berjanji untuk menghadirkan auto HDR ke lebih dari 1,000 game yang ada termasuk Age of Empires Definitive Edition, Rocket League, Day Z, dan Doom 64.

7 Fitur Baru Yang Ada di Windows 11

Aplikasi Android

Salah satu kejutan terbesar dari Windows 11 adalah, bahwa Windows ini bisa menjalankan aplikasi Android. Sayangnya, aplikasi Android belum sepenuhnya terintegrasi dengan Microsoft Store, namun kalian bisa menemukannya melalui Amazon Appstore.

Bisa berjalannya aplikasi Android di Windows 11 adalah berkat kompiler “Intel Bride” baru yang membantu aplikasi berjalan di sistem x86. Selain itu, tool dari Intel ini juga berjalan baik di AMD, dan processor berbasis Arm juga, jadi semua PC seharusnya dapat menjalankan aplikasi Android.

YouTube player

Desain Baru

Tentunya, hal yang paling menonjol mengenai Windows 11 adalah desain baru dengan taskbar yang berada di posisi tengah. Untuk berbagai Windows sebelumnya, tombol star selalu berada di posisi pojok bawah kiri, namun kali ini diposisikan lebih dekat ke tengah untuk membuatnya menjadi lebuh mudah diakses oleh para pengguna yang memiliki monitor besar, atau display ultrawide.

Widows 11 juga memiliki visual yang lebih halus dengan berbagai sudut yang lebih bulat, animasi transisi, dan efek transparansi yang lebih baik.

Lebih Cepat

Microsoft menjanjikan bahwa Windows 11 semuanya adalah tentang kecepatan. Windows ini akan memiliki waktu bangun yang lebih cepat dari sleep, login Windows Hello lebih cepat, browsing lebih cepat dengan Edge dan berbagai web browser lainnya, dan backgroud baru Windows update akan 40% lebih kecil.

Untuk gaming, secara spesifik, Microsoft mengungkap sebuah fitur bernama Direct Storage, yang mengizinkan berbagai game secara langsung meng-upload aset ke kartu grafis. Hal ini, secara teori akan membuat waktu loading lebih pendek, render grafis secara instan.

7 Fitur Baru Yang Ada di Windows 11

Snap Layouts

Snap di Windows sudah ada sejak lama, namun dengan monitor yang lebih besar dan ultrawide screen menjadi lebih umum, hanya bisa memecah Windows menjadi empat sudut sudah tidak terlalu berguna. Sehingga, Snap Layouts menawarkan berbagai opsi yang lebih banyak termasuk menderetkan tiga windows secara berdampingan, satu windows yang lebih besar, dengan dua yang lebih kecil, dan lebih banyak lagi. Selagi kalian bekerja dengan setup multi-windows, Windows 11 juga akan mengingat aplikasi mana saja yang telah kalian buka dan diatur dalam sebuah Snap Group yang akan disimpan dalam taskbar.

7 Fitur Baru Yang Ada di Windows 11

Windows Widgets

Widgets kembali lagi untuk Windows 11, dan Microsoft menyebutnya sebagai personalized feed yang ditenagai oleh A.I. Widgets yang dihadirkan adalah cuaca, saham, dan peta. Namun, Microsoft telah memberikan perhatian spesial kepada widget berita, yang di desain agar sesuai dengan minat kalian.

Tablet Mode Baru

Windows 11 memiliki peningkatan pengalaman untuk para pengguna tablet Windows. Ketika kalian mengubah device kalian ke mode tablet, atau melepasnya dari keyboard, UI akan berubah dengan lebih banyak space antara ikon, dan target sentuhan yang lebih besar. Mengubah ukuran, dan bergerak di windows dengan sentuhan kini menjadi lebih mudah berkat animasi-animasi baru. Windows 11 juga menambahkan gestur touchscreen seperti side swipe tiga jari untuk melakukan snap sebuah window, atau down swipe tiga jari untuk melakukan minimize.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More