87% Persen Game Jadul Telah Punah?

Dimulai dari tahun 90-an ke bawah hingga saat ini, bisa dikatakan kalau setiap harinya sebuah game yang mungkin tidak dikenal dari belahan dunia manapun telah dirilis. Hal ini juga terjadi karena kebutuhkan video game sebagai sebuah sarana hiburan semakin meningkat, dan juga terbukti sebagai salah satu industri paling resisten ketika menghadapai guncangan, seperti yang terjadi pada masa pandemi kemarin, dan bahkan mengalami pertumbuhan yang pesat. Kejayaan ini tentunya tidak terlepas dari banyak sekali game-game yang telah dirilis sebelumnya, yang berhasil menjadi pondasi untuk game-game saat ini. Sayangnya terdapat sebuah studio yang menyebutkan kalau game-game itu kini sudah punah.

Berdasarkan sebuah penelitian yang berhasil diterbitkan oleh Video Game History Foundation, menyebutkan kalau sekitar 87% dari video game klasik yang dirilis di wilayah Amerika Serikat berada dalam tahap yang menyedihkan dan hampir punah. Dan studi ini menyebutkan juga jika hal ini terus dibiarkan maka dampaknya akan semakin buruk.

Game Retro

Studi ini menyebutkan kalau hanya sekitar 13% dari seluruh game yang dirilis sebelum tahun 2010 yang tersedia secara komersil hari ini. Menggunakan daftar dari 1500 game yang dipilih di berbagai ekosistem dengan kategori ‘ditinggalkan’, ‘diacuhkan’, dan ‘aktif’. Menariknya angka itu meningkat lebih dari 4 ribu game. Jika kalian tertarik dengan penelitian lebih lengkapnya kalian bisa menuju ke sini.

Dari hasil penelitian ini juga terdapat berbagai macam hal yang menarik, seperti hanya 12% dari keseluruhan game di PlayStation 2 yang masih selamat hingga saat ini. Dan terdapat sekitar 1000 game yang unik yang menghilang karena eShop 3DS dan juga Wii U tutup tahun ini. Selain itu terdapat kabar kalau hukum hak cipta Amerika Serikat yang ‘kadaluwarsa’ membuat pelesatarian video game menjadi sulit, dan terdapat perdebatan untuk merevisi hukum tersebut di tahun 2024 nanti.

Bagaimana dengan kalian sendiri? Apakah kalian salah satu gamer retro yang merasa terdampak akan hal ini?


Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

 

Sumber: Insider Gaming

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More