Big Navi Dirumorkan Berjalan Pada Kecepatan Yang Tinggi

Setelah AMD mengungkap processor baru mereka, Zen 3 atau Ryzen seri 5000, yang disambut dengan baik oleh para PC enthusiast. Kini perhatian mereka kembali lagi pada pertarungan kartu grafis. Dimana banyak yang sedang berusaha untuk mendapatkan kartu grafis Nvidia RTX 3080, rumor terbaru membuat kartu grafis dari AMD mendapatkan perhatian lagi. Rumor tersebut menyebutkan bahwa kartu grafis Big Navi AMD bisa berjalan dalam kecepatan 2.4 GHz.

Bocoran ini hadir dari Patric Schur, seorang individu yang dikenal sering meghadirkan bocoran yang dapat diandalkan. Ia menyatakan bahwa Big Navi milik AMD ini akan menghadirkan sebuah Game Clock di 2.4 GHz, yang berarti kartu tersebut akan berjalan pada kecepatan rata-rata 2.4 GHz ketika menjalankan sebuah game. Metrik ini merupakan metrik yang berbeda dibandingkan Base Clock dan Boost Clock, dimana Base Clock merupakan kecepatan terendah dari kartu grafis, sedangkan Boost Clock merupakan kecepatan tertinggi yang bisa dicapai hardware tersebut tanpa overclocking. Sedangkan untuk Game Clock, memberikan gambaran yang lebih akurat mengenai kecepatan yang bisa di capai kartu grafis dalam sebagian besar waktu.

Bocoran tersebut menyebutkan bahwa Big Navi memiliki Total Graphics Power sebesar 255W. Berarti, kartu tersebut membutuhkan daya yang lebih kecil dari RTX 3080, namun sedikit lebih tinggi dari RTX 3070. Selain itu, kartu grafis tersebut disebutkan akan menggunakan akhiran XT (Navi 21 XT), dan akan disematkan memory 16 GB GDDR6

Pada update terbarunya, Patrick Schur mengatakan bahwa TGP (Total Graphics Power) maksimal Navi 21 XT sebesar 290W. Ia juga menyebutkan bahwa setiap partner AIB sedang melakukan pengujian TGP yang berbeda untuk kartu grafis mereka. Mengenai kecepatan 2.4 GHz, kecepatan tersebut dicapai dengan sebuah kartu partner AIB. Jadi bisa diasumsikan kartu tersebut telah sedikit di overclock.

Mengenai kecepatan dari Navi 21 XT ini, berasarakan tweet dari seorang leaker veteran Rogame, kartu grafis tersebut memiliki Base Clock 1450 MHz sampai 1500 MHz. Untuk Game Clock berada di 2000 MHz sampai 2100 MHz. Sedangkan untuk Boost Clock berada di 2200 MHz sampai 2400 MHz.

Big Navi milik AMD / RX 6000 XT ini diekspektasikan rilis pada tanggal 5 November mendatang.

Sumber: Gamerant, Wccftech

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More