Bukan Switch Atau PS4, Ini Konsol Dengan Penjualan Paling Banyak

Belum lama ini konsol terbaru dari salah satu perusahaan game besar asal Jepang, Nintendo mengumumkan bahwa konsol hybrid mereka, Switch telah terjual lebih dari 111 juta unit diseluruh dunia. Tentunya hal ini merupakan sebuah angka yang fantastis mengingat bahwa konsol ini masih berumur lima tahun. Sayangnya, meski memliki penjualan yang amat banyak, konsol ini masih belum menjadi konsol yang paling banyak dibeli, dimana Switch masih harus menghadapi konsol-konsol pendahulunya dan juga tentunya para pesaingnya.

10. GAME BOY ADVANCE (81,5 Juta Unit)

Bukan Switch Atau PS4, Ini Konsol Dengan Penjualan Paling Banyak

Konsol handheld Nintendo yang dirilis sebagai penerus Game Boy Color ini berhasil terjual sebanyak 81,5 juta unit. Dirilis pertama kali pada tahun 2001, Nintendo menghadirkan sejumlah variasi untuk handheld ini, seperti Advance SP yang memiliki backlight sehingga kalian dapat memainkannya diruangan minim cahaya.

9. XBOX 360 (84+ Juta Unit)

 

Bukan Switch Atau PS4, Ini Konsol Dengan Penjualan Paling Banyak

Konsol rumah yang ditujukan menjadi penerus konsol pertama Xbox oleh Microsoft ini berhasil terjual lebih dari 84 juta unit, dimana konsol ini masih terus dijual meski penerusnya, Xbox One telah hadir. Dirilis pada tahun 2005 konsol ini menjadi pesaing terberat konsol PlayStation yang menduduki posisi di atasnya dengan jumlah penjualan yang tidak terlalu jauh.

8. PLAYSTATION 3 (87,4+ Juta Unit)

Bukan Switch Atau PS4, Ini Konsol Dengan Penjualan Paling Banyak

Penerus dari konsol PlayStation 2 dari Sony Computer Entertainment adalah PlayStation 3 yang terjual sebanyak lebih dari 87,4 juta unit. Dirilis pertama kali pada tahun 2006, konsol ini menjadi pesaing dari Xbox 360 milik Microsoft, dan juga Wii dari Nintendo. PlayStation 3 menjadi konsol pertama yang mendukung layanan PlayStation Network dan menjadi konsol pertama yang dapat dimainkan melalui PlayStation Portable dan PlayStation Vita.

7. Wii (101,6 Juta Unit)

Bukan Switch Atau PS4, Ini Konsol Dengan Penjualan Paling Banyak

Dalam jumlah penjualan dari konsol generasi ini, Nintendo Wii menang telak dari PlayStation 3, dan Xbox 360, dengan jumlah unit yang terjual sebanyak 101,6 juta unit. Cukup jauh dibandingkan dua pesaingnya yang berada pada dua posisi bawahnya. Berfokus untuk dapat menjangkau demografi yang lebih banyak, Wii menghadirkan sebuah kontroler yang unik bernama Wii Remote. Kontroler ini merupakan sebuah kontroler wireless dengan motion sensing yang dapat membaca gestur pemainnya.

6. PLAYSTATION (102,5 Juta Unit)

Bukan Switch Atau PS4, Ini Konsol Dengan Penjualan Paling Banyak

Salah satu konsol yang terkenal di Indonesia selain Game Boy, bahkan orang-orang yang jarang mengenal game pada saat itu mungkin sempat mendengar nama konsol dari Sony yang satu ini. Benar konsol rumahan pertama dari Sony Computer Entertainment, adalah PlayStation. Hadir pertama kali pada tahun 1994, konsol ini berhasil terjual sebanyak 102,5 juta unit bersama PS One selama masa hidupnya.

5. NINTENDO SWITCH (111 Juta Unit)

Bukan Switch Atau PS4, Ini Konsol Dengan Penjualan Paling Banyak

Konsol yang digandang akan menjadi konsol dengan penjualan paling banyak. Datang dari Nintendo, konsol yang bisa dimainkan di TV seperti konsol rumah, dan sambil rebahan dengan mode tablet memiliki penjualan yang fantastis, terlebih akibatnya pandemi, dan siklus dua konsol lainnya, PS4 dan Xbox One yang telah mendekati akhirnya membuat konsol ini menjadi salah satu pilihan yang dilirik oleh para gamer dan non-gamer dalam beberapa tahun ini. Kabar terbarunya, konsol hybrid yang memiliki sejumlah varian ini telah terjual sebanyak 111 juta unit.

4. PLAYSTATION 4 (117,2 Juta Unit)

Bukan Switch Atau PS4, Ini Konsol Dengan Penjualan Paling Banyak

Konsol penerus dari PlayStation 3 yang ditempatkan sebagai pesaing Xbox One ini berhasil terjual sebanyak 117,2 juta unit. Pertama kali diluncurkan pada akhir tahun 2013, konsol ini berhasil membawa grafis di dunia konsol satu langkah lebih maju dengan game-game dari first party PlayStation yang sangat mendorong kualitas visual. Memiliki tiga varian, sayangnya penjualan konsol ini masih belum bisa mencapai penjualan konsol PlayStation 2.

3. GAME BOY & GAME BOY COLOR (118,7 Juta Unit)

Bukan Switch Atau PS4, Ini Konsol Dengan Penjualan Paling Banyak

Pertama kali dihadirkan pada tahun 1989, Game Boy merupakan handheld pertama dalam keluarga Game Boy, sedangkan untuk Game Boy Color pertama kali dirilis pada tahun 1998 karena permintaan para developer game. Handheld ini terjual sebanyak 118,7 juta unit, termasuk Game Boy, Game Boy Color, dan sejumlah varian lainnya.

2. NINTENDO DS (154 Juta Unit)

Bukan Switch Atau PS4, Ini Konsol Dengan Penjualan Paling Banyak

Posisi kedua ini juga dipegang oleh handheld dari Nintendo, yakni Nintendo DS. Dirilis pada tahun 2004 dengan konsep yang unik dan menarik, handheld ini dan variannya berhasil terjual sebanyak 154 juta unit dan hampir menjadi konsol yang memiliki penjualan terbaik sepanjang masa. Hadir untuk menggantikan keluarga Game Boy, Nintendo DS menghadirkan segudang fitur yang ada di Game Boy Advance SP, dan yang lainnya, seperti mikrofon dan dukungan konektivitas wireless. Selain itu Nintendo DS juga dapat menjalankan cartridge Game Boy. Satu-satunya pesaing handheld ini adalah PlayStation Portable, yang sayangnya hanya terjual kurang lebih setengah dari total Nintendo DS yang terjual.

1. PLAYSTATION 2 (155+ Juta Unit)

Bukan Switch Atau PS4, Ini Konsol Dengan Penjualan Paling Banyak

Selain bisa dibilang sempat merajai dunia perentalan konsol di Indonesia pada zamannya, konsol ini dihadirkan sebagai penerus PlayStation, yakni PlayStation 2. Konsol ini pertama kali dirilis pada tahun 2000 dan juga merupakan konsol kedua dari keluarga PlayStation. Karena terlalu populer, konsol ini bahkan tetap diproduksi oleh Sony sampai tahun 2013, dan menjadi konsol yang memiliki siklus hidup terpanjang, dengan total unit terjual lebih dari 155 juta unit, termasuk varian Slim.

Meski memiliki perbandingan yang cukup jauh pada posisi pertama dan posisi Switch sekarang, presiden dari Nintendo sempat mengatakan bahwa Nintendo Switch mencapai titik tengah siklus hidupnya, jadi masih terdapat peluang yang cukup besar bahwa Switch akan menggeser posisi PlayStation 2 sebagai konsol yang paling laris di dunia saat ini.

Lalu bagaimana untuk konsol terbaru Sony dan Microsoft. Kedua konsol yang masih seumur jagung ini baru saja terjual sebanyak 21,7 juta unit, dan 12 juta unit.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More