Ingin Mengangkat Masalah Sosial Dalam Sekuel Cyberpunk 2077

Raden Erlangga – Dalam episode terbaru podcast AnswerRed dari CD Projekt Red, Associate Game Director Paweł Sasko menekankan bahwa meskipun sifat permainan tidak memberikan jawaban langsung terhadap masalah sosial yang ada, Cyberpunk 2077 belum cukup jauh dalam komentar sosialnya.

“Saya melihat bahwa kami tidak mendorong batasan cukup jauh di beberapa tempat, misalnya,” kata Paweł Sasko. “Seperti, krisis tunawisma… ketika saya melihatnya, saya berpikir, kami belum cukup jauh di ’77. Kami berpikir bahwa kami sudah distopia, tapi… kami baru menyentuh permukaannya saja.”

Harapan umum yang diungkapkan dalam podcast adalah bahwa, sekarang mereka memiliki studio di AS. Para kreator dapat membuat sekuelnya lebih realistis dan lebih mendalam dalam beberapa masalah yang tidak diangkat dalam game pertama. Sekuel yang direncanakan ini secara internal disebut “Orion” dan kita belum tahu banyak tentangnya, kecuali bahwa ia memiliki penulis utama dari Control sebagai penulis naratifnya.

Ingin Bercerita Masalah Sosial

Dan Hernberg, produser eksekutif untuk Project Orion, setuju dengan Sasko bahwa penggambaran masalah sosial di Cyberpunk belum sempurna dan menyatakan optimisme bahwa Orion akan memperdalam komentar sosial game dengan cara yang tidak tercapai di 2077.

“Saya pikir hal yang sangat keren tentang Cyberpunk—dan masa depan distopia yang dimilikinya—adalah ada begitu banyak relevansi dengan hari ini, tentang megacorporations, orang-orang di pinggiran, Anda tahu, orang-orang yang hanya dieksploitasi, kesenjangan kekayaan, semua hal ini,” kata Hernberg.

“Saya pikir 2077 memungkinkan kami untuk menceritakan kisah-kisah ini dengan cara yang di dalamnya selalu ada hubungan dan orang-orang. Tetapi kami berada di dunia yang benar-benar rusak dan kami dapat mengangkat beberapa hal ini.

“Saya pikir bagi saya itulah yang dimaksud dengan Cyberpunk, menjelajahi tema-tema tersebut tetapi dengan cara yang sangat tajam,” lanjut Hernberg.

“Saya suka dunia ini, dan saya pikir itulah yang akan kami coba lakukan dengan Project Orion. Benar-benar terus menggali hal itu dan terus berkata, ‘Bagaimana [keadaan dunia] hari ini,’ dan bagaimana itu terlihat dalam beberapa tahun ke depan.”

Bulan Maret lalu, CD Projekt Red merekrut Hernberg, mantan kepala produksi di Amazon Games dan manajer produk utama di Blizzard. Mereka di rekrut sebagai salah satu pengembang veteran yang bekerja pada Orion di studio mereka di Boston.

Detail tentang Project Orion memang masih sedikit. Namun satu hal yang pasti tentang judul lanjutan ini adalah bahwa perusahaan ingin mengikuti jejak evolusi The Witcher. Artinya, CD Projekt Red bertujuan untuk menjadikan Orion membawa lebih banyak peningkatan gameplay dan fitur daripada pendahulunya setelah akhirnya dirilis. Ide lain yang dirumorkan untuk judul ini adalah mungkin termasuk fitur multiplayer yang dibatalkan dari Cyberpunk 2077.

Biar gak ketinggalan berita menarik lainnya, kalian bisa follow akun sosial media Share Button Media di Instagram, Facebook Page ataupun subscribe channel Youtube kita.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More