Dapet Ratusan Miliar Rupiah Per-bulan, Tapi HoYoverse Belum Bayar Gaji Pengisi Suara Genshin Impact?

Jika membahas siapa game free-to-play paling populer dan sukses, tentunya nama Genshin Impact dan juga Honkai: Star Rail tidak akan absen dari perbincangan tersebut. Hal ini terbukti dari laporan pendapat bulanan kedua game ini yang menembus ratusan miliar Rupiah dan terkadang satu triliun lebih per bulannya. Tentunya angka yang di dapat ini sangatlah besar, tapi ternyata ada kabar yang kurang sedap datang, yakni soal gaji dari para pengisi suara karakter yang ada di Genshin Impact, terutama Paimon.

Terungkap oleh pengisi suara Genshi Impact versi Inggris, yakni Paimon – Corina Boettger, dan pengisi suara lainnya yang memiliki peran minor – Brandon Winckler, keduanya mengakui kalau mereka masih belum mendapatkan upah dari hasil mengisi suara karakter yang mereka perankan, terutama pengisi suara Paimon yang mengaku belum mendapatkan bayaran selama enam bulan sejak Desember tahun lalu. Tentunya kabar ini cukup mengejutkan para gamer dan juga komunitas Genshin Impact sendiri mengingat kalau pendapatan bulanan game ini sangat besar.

Salah HoYoverse Atau Agensi?

Sejauh ini masih belum ada tanggapan langsung dari HoYoverse itu sendiri, dan terdapat sejumlah indikasi kalau permasalahan upah ini bukan berasal dari HoYoverse melainkan pihak penengah yang mencari talenta untuk mengisi suara bahasa Inggris Genshin Impact, yakni Studio Formosa. Hal ini diakui oleh Winckler yang menyebut kalau ia tidak bermasalah dengan agensi Rocket Sound yang menghadirkan talenta untuk Honkai: Star Rail.

Tentunya kasus ini masih belum diketahui kebenarannya, karena mengingat bahwa sebelumnya terdapat kasus terkait pengisi suara Bayonetta 3 yang nyatanya zonk. Kita hanya bisa menantikan perkembangan selanjutnya.


Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More