Dev. Control Sebut Sony ‘Sedikit Lebih Siap’ Untuk Next-Gen Dibandingkan Microsoft

Mengembangkan game untuk konsol next-gen merupakan sebuah tantangan, terutama jika kalian mengembangkannya secara bersamaan untuk generasi saat ini, seperti yang dilakukan oleh developer Control, Remedy. Namun, menurut Thimas Puha dari Remedy, tantangan mengembangkan game untuk konsol PS5 dan Xbox Series tidaklah sama.

Pada video Next-Gen Console Watch, Puha mengatakan bahwa Sony “sedikit lebih siap” dengan tool PS5 untuk developer, dan menyebutkan bahwa cukup mudah untuk membuat game seperti Control berjalan di PlayStation 5 dibandingkan untuk Xbox Series X dan Series S.

YouTube player

Ia menyebutkan bahwa kedua mesin ini masih bagus untuk membuat game, dan meski keduanya masih menangani permasalahan pada tingkatan sistem. Dan hal ini normal untuk sebuah perangkat yang baru, yang pada akhirnya akan menjadi lebih baik seiring dengan berjalannya waktu.

“Sony tidak mengubah apa yang berjalan, pengembangan software dan tool mereka cukup stabil dan bagus sejak awal”, ungkap Puha. “Microsoft cenderung mengubah cukup banyak hal, yang dalam jangka panjang mungkin bagus. Namun tentunya ini hanyalah rintangan untuk kami, karena kami harus menulis ulang berbagai hal berbeda untuk memanfaatkan fitur tertentu.”

Puha juga memberikan komentar mengenai Xbox Series S, dimana diakui bahwa konsol tersebut sedikit menahan developer.

“Tidak berbeda dari generasi sebelumnya dimana sistem dengan spesifikasi lebih rendah akhirnya mendikte beberapa hal yang akan kalian lakukan,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa jaminan kualitas merupakan masalah yang besar, dan menguji game semakin mahal, jika terdapat banyak platform yang harus kalian uji.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More