EA Akuisisi Glu Mobile Seharga 30 Triliun Rupiah

Electronic Arts dikabarkan akan mengakuisisi sebuah studio game mobile yang bernama Glu Mobile dengan biaya sebesar 2.1 miliar USD atau sekitar 29,4 triliun Rupiah. Kabar ini diumumkan oleh pihak perusahaan pada hari Senin kemarin, dan akuisisi ini menjadi akuisisi video game termahal dalam sejarah.

Glu Mobile, sama seperti namanya, merupakan sebuah studio yang mengembangkan game mobile dengan beberapa franchise terkenal, seperti Diner Dash, Disney Sorceror’s Arena, WWE Universe, TapSports Baseball ‘20, Kim Kardashian Hollywood, Deer Hunter, dan yang lainnya.

Dengan mengambil langkah ini, EA menunjukkan minat yang jelas dalam mengembangkan bisnis game mobile mereka. Glu Mobile melaporkan katalog game mereka telah memperoleh lebih dari $ 1,32 miliar dalam selama setahun terakhir. EA menyatakan bahwa alasan mereka mengakuisisi Glu Mobile adalah termasuk mengembangkan portofolio game seluler mereka kedalam game olahraga, RPG, lifestyle, kasual, dan “midcore”.

Sebagai bagian dari kesepakatan, Glu Mobile mendapatkan akses ke lisensi global dan kemampuan distribusi EA. Pengalaman Glu Mobile dalam memonetisasi olahraga dan game kasual juga menjadi daya tarik bagi EA.

Akuisisi ini membawa 500 developer game Glu Mobile (dan total sekitar 800 karyawan) di bawah payung EA.

Belakangan ini EA sangat tertarik dengan mengakuisisi studio game. Perusahaan ini telah mengalahkan Take-Two Interactive untuk mengakuisisi developer dari game DiRT, Codemasters pada bulan Januari kemarin, dengan nilai 1,2 miliar USD.

Meskipun akuisisi terbaru ini tidak seberapa karena masih terdapat akuisisi lain dengan nilai yang lebih besar, akuisisi ini masih menjadi salah satu akuisisi termahal sepanjang masa.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More