Empat Senator Amerika Serikat ‘Sangat Khawatir’ Mengenai Merger Xbox Activison

Empat senator Amerika Serikat dikabarkan telah menulis kepada Federal Trade Commission (FTC) untuk menunjukan kekhawatiran mereka mengenai proposal merger antara Microsoft dan Activision Blizzard.

Diumumkan pada bulan Januari kemarin bahwa pemilik platform Xbox berencana untuk membeli Activision Blizzard dengan kesepakatan yang bernilai 68,7 miliar USD, dan menjadi akuisisi terbesar dalam industri game. Jika akuisisi ini berhasil maka Microsoft akan mendapatkan kepemilikan eksklusif pada berbagai franchise dibawah Activision Blizzard, termasuk Call of Duty, Warcraft, Overwatch, Crash Bandicoot, dan Guitar Hero.

FTC sendiri saat ini tengah meninjau antitrust dari kesepakatan tersebut untuk menentukan apakah akuisisi tersebut merupakan persaingan yang tidak sehat.

Pada hari Kamis kemarin, Senator Elizabeth Warren, bernie Sanders, Sheldon Whitehouse, dan Cory Booker mengirimkan sebuah surat kepada Lina Khan dari FTC untuk menunjukan kekhawatiran mereka mengenai kesepakatan tersebut “membahayakan tuntutan dari para pekerja mengenai akuntabilitas” atas tuduhan pelanggaran seksual dan diskriminasi di Activision Blizzard.

“Merger yang diusulkan telah menghambat upaya serikat pekerj adan merusak pemintaan akuntabilitas dari para pekerja,” tulis mereka. “Lebih dari 1,800 karyawan Activision Blizzard menandatangani surat yang meminta Kotick untuk mundur dari organisasi, yang merupakan salah satu permintaan utama serikat pekerja. Namun, kesepakatan yang diusul Microsoft dengan Activision Blizzard melindungi Kotick, mempertahankan perannya sebagai CEO setidaknya sampao 2023, dan memastikannya mendapatkan profit ratusan juta (USD) dan berpotensi mendapatkan ‘golden parachute’ senilai lebih dari 14,5 juta USD jika ia tidak mundur dengan sendirinya. Kurangnya akuntabilitas ini, terlepas para pemegang saham, karyawan, dan publik meminta Kotick untuk bertanggung jawab atas budaya yang ia buat, kemungkinan akan menjadi hasil yang tidak dapat diterima dari akuisisi Microsoft.”

Namun juru bicara Activision mengatakan bahwa tidak ada kompensasi tambahan spesial yang dibuat untuk Kotick mengenai kesepakatan Microsoft ini.

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More