Final Fantasy 7 Rebirth Eksklusif PS5 Karena ‘SSD’

Square Enix belum lama ini telah mengkonfirmasi bahwa game Final Fantasy 7 Rebirth akan menjadi game eksklusif untuk konsol PlayStation 5, dan tidak akan hadir di PlayStation 4, alsannya adalah penggunaan SSD yang ada di konsol generasi baru tersebut.

Trailer pertam auntuk game Final Fantasy 7 Rebirth pertama kali diperlihatkan pada bulan lalu, yang mengungkapkan bahwa game ini akan menjadi sebuah game trilogy. Berbeda dengan game pendahulunya, Final Fantasy 7 Remake yang dirilis di konsol PlayStation 4 pada tahun 2020 sebelum akhirnya tiba di PC dan PS5 setahun kemudian, bagian kedua dari trilogy ini tidak akan tersedia pada generasi konsol sebelumnya Sony.

Dalam sebuah wawancara dengan pihak publikasi Jepang, Gamer, producer dari Rebirth, Kitase memberikan klaim bahwa karena terdapat sejumlah faktor akhirnya memutuskan game ini tidak akan hadir di PS4.

“Game ini eksklusif untuk PlayStation 5 karena kualitas grafis, dan tentu saja akses kecepatan SSD,” ujarnya. “Karena petualangan diungkap dalam sebuah dunia yang luas setelah kabur dari Midgar, beban loading merupakan salah satu bottleneck yang besar. Kami merasa bahwa kami membutuhkan spesifikasi PlayStation 5 untuk menangani hal tersebut, dan membuat perjalanan di dunia tersebut menjadi nyaman.”

Mengenai SSD, sejak sebelum perilisannya di 2020, SSD merupakan salah satu fitur yang digaungkan oleh Sony dengan sang arsitek konsol tersebut, Mark Cerny menyebutnya sebagai sebuah dobrakan besar. Bahkan dalam presentasi konsol PlayStation 5, Cerny mengklaim bahwa SSD tidak hanya akan memberikan dampak pada waktu loading, namun secara fundamental juga mengubah bagaimana para developer membangun game mereka untuk game eksklusif PS5 yang tidak akan menggunakan hard drive seperti yang disematkan pada PS4.

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More