FromSoftware Menaikan Gaji Dari Karyawan Baru Sebesar 11 Persen

Raden Erlangga – FromSoftware baru saja mengumumkan kenaikan gaji untuk karyawannya di Jepang. Mulai April 2025, gaji dasar bagi lulusan baru akan dinaikkan menjadi 300.000 yen (sekitar $2.020). Yang berarti peningkatan sebesar 11,8 persen dari gaji awal sebelumnya sebesar 260.000 yen ($1.750).

Langkah ini sejalan dengan tren di Jepang, di mana beberapa studio besar seperti Konami, Capcom, dan Atlus juga telah meningkatkan gaji awal mereka menjadi 300.000 yen dalam setahun terakhir. Dari ketiga perusahaan ini, Capcom dan Atlus menaikkan gaji mereka masing-masing sebesar 27 persen dan 15 persen. Sementara sebelumnya, FromSoftware menawarkan gaji tertinggi di antara mereka. Kenaikan gaji ini bertujuan untuk menjaga daya saing dalam menarik dan mempertahankan talenta terbaik di industri pengembangan game Jepang.

Peningkatan gaji ini datang pada saat yang baik untuk FromSoftware, terutama setelah ekspansi Elden Ring: Shadow of the Erdtree berhasil menjual lima juta kopi hanya dalam tiga hari pertama peluncurannya. Presiden FromSoftware, Hidetaka Miyazaki, juga menegaskan bahwa selama dia bertanggung jawab, studio ini tidak akan melakukan pemutusan hubungan kerja secara massal. Seperti yang telah terjadi di banyak studio game Barat baru-baru ini.

Mereka Juga Menaikan Kesejahteraan Karyawannya

Selain kenaikan gaji, FromSoftware juga terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan karyawannya. Sebelumnya, pada awal tahun 2023, perusahaan induk FromSoftware, Kadokawa, memberikan opsi saham kepada para karyawan studio tersebut senilai 5,3 miliar yen ($35 juta). Hal ini dilihat sebagai upaya untuk mempertahankan talenta mereka di tengah persaingan industri yang ketat.

Meskipun begitu, tantangan From Software tetaplah ada. Pada akhir 2022, sejumlah karyawan FromSoftware melaporkan keluhan tentang “crunch time” yang berkepanjangan. Dan juga gaji yang dianggap masih di bawah standar industri. Menurut Salary Explorer, pada saat itu, gaji awal di FromSoftware dimulai dari 220.000 yen ($1.600). Sementara rata-rata gaji di industri game Jepang berkisar antara 231.000 hingga 735.000 yen ($1.670 hingga $5.300). Kenaikan yang diumumkan kali ini diharapkan dapat memperbaiki kesejahteraan karyawan dan memotivasi mereka untuk terus menghasilkan karya-karya berkualitas tinggi.

Dan untuk berita seputar dunia game dan liputan lainnya bisa kalian dapatkan di channel YouTube, Instagram dan juga situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More