Gaji Karyawan Valve Diungkapkan Melalui Dokumen Pengadilan Wolfire Games

Raden ErlanggaVALVE, sebuah perusahaan yang mewadahi toko game digital terbesar di dunia, ternyata memiliki jumlah karyawan yang sangat kecil. Dokumen pengadilan telah mengungkapkan statistik pekerjaan dan gaji di Valve, perusahaan di balik Steam, Steam Deck, dan berbagai proyek pengembangan game.

Hingga tahun 2021, Valve mempekerjakan hanya 371 orang, yang tersebar di beberapa tim:
– Tim Steam: 79 orang
– Tim Perangkat Keras: 41 orang
– Tim Game: 181 orang
– Peran Admin: 35 orang

Gaji Karyawan Valve

Tim kecil Valve mendapatkan kompensasi yang sangat baik. Berikut adalah rincian rata-rata gaji untuk setiap tim pada tahun 2021:
– Tim Steam: $76.446.633 (1 Triliun 237 Miliar Rupiah) secara keseluruhan, rata-rata $967.000 per karyawan atau sekitar 15.6 Miliar Rupiah per tahun.
– Tim Perangkat Keras: $17,7 juta (285 Miliar) secara keseluruhan, rata-rata $431.000 per karyawan atau sekitar 6.96 Miliar Rupiah Pertahunnya.
– Tim Game: $192 juta (3 Triliun) secara keseluruhan, rata-rata $1 juta per karyawan atau sekitar 16 Miliar Pertahun.
– Tim Admin: $157 juta (2 Triliun) secara keseluruhan, rata-rata $4,5 juta per karyawan atau sekitar 72 Miliar Pertahun.

Informasi gaji yang terperinci muncul karena gugatan yang diajukan oleh Wolfire Games, pencipta asli Humble Bundle, terhadap Valve. Gugatan ini mempersoalkan potongan 30% yang diambil Valve dari pembelian di toko, yang diduga mempertahankan monopoli di pasar game PC dan membatasi penjualan game Steam dengan harga lebih rendah di toko lain.

Sebenarnya bukan kejutan lagi jika VALVE menghasilkan banyak profit pertahunnya. Apalagi dengan peningkatan gamers di PC dan banyaknya game yang masuk di library Steam. Tanpa embel-embel eksklusifitas tahunan, VALVE berhasil meraih banyak profit melalui apa yang ditawarkan oleh platformnya. Kustomisasi profile, achievment, diskon setiap musim, serta dukungan client yang makin tahun makin di-update.

Gimana menurut kalian? Apakah kalian tertarik untuk gabung di perusahan VALVE? wkwkwkw

Biar gak ketinggalan berita menarik lainnya, kalian bisa follow akun sosial media Share Button Media di Instagram, Facebook Page ataupun subscribe channel Youtube kita.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More