Game Mobile Hasilkan Keuntungan Lebih Dari 800 Triliun Rupiah di 2019

Siapa sangka kalau game mobile ternyata begitu menguntungkan dan menghasilkan keuntungan lebih dari 800 triliun Rupiah di 2019.

Angka yang luar biasa mengejutkan tersebut diperlihatkan di dalam laporan dari analis Sensor Tower, untuk pengeluaran global gamer mobile di 2019.

Pada laporan tersebut diperlihatkan gamer pada 2019 lalu telah keluarkan uang sebesar $61,7 milyar atau sekitar 843,6 triliun Rupiah.

Semua uang tersebut digunakan untuk membeli game serta berbelanja di toko premium di dalam game.

Bila dibandingkan dengan angka tahun 2018 yaitu $55 milyar, pengeluaran gamer mobile di tahun 2019 meningkat sekitar 12,8%; artinya gamer semakin royal ketika berbelanja tiap tahunnya.

Sensor Tower sendiri menyatakan tren ini akan semakin meningkat di 2020 ini, melihat gamer mobile semakin setia dengan game yang dimainkannya.

Laporan itu juga memperlihatkan uang pada game mobile menyumbang 68% dari total pendapatan apps di iOS, dan 84% total pendapatan apps di Android.

Game Mobile Hasilkan Keuntungan Lebih Dari 800 Triliun Rupiah di 2019
Sumber: Sensor Tower / Venture Beat

Game yang berhasil menarik uang besar dari pemain antara lain adalah Pokemon Go, Fire Emblem Heroes, Garena Free Fire, dan Call of Duty: Mobile.

Namun yang paling mengejutkan adalah game dari Tencent bernama Honor of Kings yang menjadi game paling kaya, dengan penghasilan $1,5 milyar atau sekitar 20,5 triliun Rupiah selama 2019.

Melihat begitu kayanya pasar game mobile di China, maka hasil ini tampaknya bisa dimaklumi.(*)

Sumber: Destructoid

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More