Game & Watch Nintendo Kini Dapat Menjalankan DOOM

Para modder yang kreator telah melakukan berbagai hal dengan game DOOM, dimana kini game tersebut dapat dijalankan pada perangkat portabel Game & Watch yang belum lama ini dirilis oleh Nintendo. Game & Watch: Super Mario Bros, sebelumnya hanya di desain untuk menjalankan tiga game saja, namun dengan berhasilnya game DOOM di porting kedalam perangkat tersebut, terlihat bahwa Game & Watch bisa menjalankan game lainnya jika kalian memiliki cukup kesabaran.

Tentunya game DOOM versi ini tidaklah sempurna. Dalam rangka untuk membuat game tersebut dapat berjalan, bahkan dengan kecepatan yang sanat lamban dalam video yang disematkan dibawah ini, suara game DOOM telah dimatikan, dan texture game tersebut telah dibuat lebih simpel agar game tersebut bisa dimasukan kedalam perangkat portabel tersebut. Dan untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah, programmer seperti stacksmashing dan Konrad Bechmann harus mengelabui Game & Watch untuk melepas firmware-nya dengan memasukan kode ke dalam penyimpanan eksternal yang diakses oleh mikrokontroler kecil Game & Watch.

YouTube player

Menemukan versi Doom yang cukup kecil untuk memuat jumlah penyimpanan Game & Watch yang kecil merupakan salah satu masalah lainnya. Para hacker tersebut akhirnya memilih sebuah paket game yang disebut “Minimal DOOM IWAD”, dimana versi tersebut telah mengganti semua texture original game tersebut dengan versi yang lebih simpel, namun mereka harus melakukan penyesuaian lebih lanjut seperti meniadakan suara game agar game tersebut muat dalam storage 1,1 MB Game & Watch yang dapat digunakan.

Game DOOM sendiri sebelumnya telah dibuat untuk berjalan di kulkas Samsung, Windows PC yang dibuat di dalam Minecraft, dan bahkan Touch Bar yang ada di MacBook Pro.

Sumber: The Verge

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More