Gelontorkan 986 Triliun Rupiah, Microsoft Akuisisi Activision Blizzard

Xbox belum lama ini mengumumkan sebuah kesepakatan untuk membeli Activision Blizzard, perusahaan yang berada di belakang game Call of Duty, World of Warcraft dan banyak franchise game besar lainnya. Microsoft mengeluarkan biaya sebesar 68,7 miliar USD. Hampir 1,000 triliun Rupiah, atau sekitar 986 triliun Rupiah.

Diumumkan melalui Xbox Wire, kesepakatan tersebut berarti Xbox kini memiliki franchise game seperti Call of Duty, Warcraft, Overwatch, Diablo, Tony Hawk’s Pro Skater, dan yang lainnya. Bos dari Xbox, Phil Spencer mengumumkan bahwa seluruh perusahaan Activision Blizzard akan melapor kepadanya setelah kesepakatan ditutup.

Sejauh ini masih belum terdapat durasi yang diberikan sampai kesepakatan tersebut ditutup, dan tampaknya kesepakatan tersebut akan diperiksa apakah hal yang dilakukan Microsoft ini akan membuat sebuah monopoli sebelum akhirnya disetujui. Spencer mengkonfirmasi bahwa Activision Blizzard akan terus berjalan sebagai sebuah perusahaan mandiri sampai dengan kesepakatan tersebut selesai.

Berdasarkan sebuah email yang dikirimkan kepada para karyawan Activision Blizzard, Bobby Kotick mengatakan bahwa mereka memperkirakan kesepakatan ini akan ditutup pada sekitar tahun fiskal 2023 Microsoft yang berakhir pada 30 Juni, 2023.

Seperti yang dapat diperkirakan, Spencer mengatakan bahwa Xbox akan menghadirkan sebanyak-banyaknya game Activision Blizzard ke layanan Xbox Game Pass. Sampai saat ini masih belum terdapat kabar mengenai langkah untuk membuat franchise seperti Call of Duty sebagai game eksklusif untuk Xbox, namun hal tersebut mungkin saja terjadi jika melihat game Starfield milik Bethesda yang menjadi game eksklusif first-party Xbox.

Dalam sebuah perilisan pers yang berbeda, telah menambahkan bahwa tidak hanya akuisisi ini akan meningkatkan bisnis gaming Microsoft, namun juga akan menjadi dasar untuk metaverse. Setelah kesepakatan tersebut ditutup, Microsoft akan menjadi bisnis gaming terbesar ketiga,berdasarkan pendapatan, setelah Tencent dan Sony.

Untuk harga yang digelontorkan Microsoft dalam mengakuisisi Activision Blizzard ini,  PR Microsoft mengkonfirmasi bahwa kesepakatan ini berharga 68,7 miliar USD atau sekitar 986 triliun Rupiah, berdasarkan nilai tukar saat ini.

Mengenai eksklusivitas, sejumlah sumber dari Bloomberg melaporkan bahwa Microsoft masih berencana terus menjual sejumlah game Activision Blizzard di PlayStation, namun akan membuat sejumlah konten eksklusif untuk Xbox.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More