Genshin Impact Menghasilkan Uang Lebih Banyak Dibandingkan Game Lainnya di Tahun Pertama Mereka

Game action RPG bernama Genshin Impact telah berhasil meluncur dengan sukses tahun lalu, dan terus menjadi sebuah game yang sangat populer hingga saat ini. Hal ini tentunya sangat menguntungkan buat miHoYo, dan sebuah pertanyaan terbuka di Reddit berhasil menunjukan seberapa suksesnya game ini.

Seorang pengguna Reddit bernama Otaku-Rune32 telah mengungkapkan bahwa Genshin Impact telah membuat lebih banyak uang dibandingkan game lainnya di tahun pertama. Mereka memastikan hal ini dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, termasuk Business Insider, VentureBeat, Gamesindustry.biz, dan yang lainnya.

Otaku_Rune32 menggabungkan hasil dari mereka ke tiga chart yang dibagikan ke subreddit Genshin Impact. Dua pertama chart tersebut menampilkan 12 game dengan pendapatan tahun pertama tertinggi. Sang pengguna Reddit tersebut mengakui sejumlah margin of error, dimana sang developer biasanya ragu-ragu untuk mengungkap angka penjualan. Namun, berdasarkan data yang dikumpulkan olehnya, Genshin Impact setidaknya telah berhasil membawa 2.3 miliar USD atau sekitar 33 triliun Rupiah untuk tahun pertamanya, dengan perkiraan yang lebih tinggi mencapai 3.5 miliar USD atau sekitar 50,3 triliun Rupiah. Lebih tinggi sedikit dibandingkan Fortnite, yang berhasil mendapatkan sekitar 2.3 miliar USD sampai dengan 2.8 miliar USD di tahun pertamanya.

https://static0.gamerantimages.com/wordpress/wp-content/uploads/2021/11/Genshin_Impact_profit_comparison_1.jpg?q=50&fit=crop&w=737&dpr=1.5

Untuk chart ketiga, membantingkan pendapatan developer miHoYo ke perusahaan perjudian. Meski pendapatan studio asal China tersebut tidak bisa menandingi perusahaan seperti MGM Resorts, namun berdasarkan chart tersebut miHoYo berhasil menduduki posisi ke delapan dalam pendapatan di tahun 2020.

https://static0.gamerantimages.com/wordpress/wp-content/uploads/2021/11/Genshin_Impact_developer_miHoYo_profit_comparison.jpg?q=50&fit=crop&w=737&dpr=1.5

Otaku_Rune32 juga menjabarkan bagaimana mereka bisa mendapatkan angka 2.3 miliar USD sampai dengan 3.5 miliar USD. miHoYo sendiri telah mengkonfirmasi bahwa Genshin Impact telah berhasil mendapatkan 2.1 miliar USD di Google PLay dan App Store. Angka tersebut tidak termasuk pendapatan dari PC, PlayStation, dan storefront pihak ketiga di Android. Estimasi minimum 2.3 miliar USD dengan 90% dicatat berdasarkan platform mobile, sedangkan angka 3.5 miliar disebut bahwa platform mobile hanya menyumbang 60% saja. Hal ini berarti platform PC, dan PlayStation telah menyumbang 1.4 miliar USD. Otaku_Rune32 sendiri mengakui bahwa perkiraannya mungkin tinggi, namun mereka yakin dengan angka tersebut berdasarkan sumber yang mereka berikan di komentar.

https://static0.gamerantimages.com/wordpress/wp-content/uploads/2021/11/Genshin_Impact_profit_comparison_2.jpg?q=50&fit=crop&w=737&dpr=1.5

Grafik tersebut juga menunjukan game lainnya. Dengan GTA V berada di posisi ketiga dengan 2.1 miliar USD, sedikit diatas Call of Dutr: Modern Warfare di 2.05 miliar USD.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More