Grup Hacker Sudah Mulai Menjamah PlayStation 5

Sebuah grup hacker telah mengklaim bahwa mereka telah melakukan terobosan pertama dalam proses yang dibutuhkan untuk melakukan jailbreak PlayStation 5.

Grup failOverflow, yang pertama kali menjadi terkenal karena merupakan yang pertama berhasil melewati berbagai langkah keamanan yang dimiliki PlayStation 3 pada tahun 2010, membagikan sebuah cuitan belum lama ini yang mengklaim hal tersebut. Cuitan ini ditemani dengan sebuah screenshot yang menampilkan root keys dari PS5.

Hal ini dikonfirmasi dalam sebuah cuitan lanjutnya yang berbunyi: “Terjemah – kami telah mendapatkan seluruh (symmetric) root keys PS5. Semua ini bisa di dapatkan dari software termasuk root key per-console, jika kalian cukup keras untuk mencarinya.”

Menemukan root key dapat menjadi sebuah langkah pertama dalam melakukan ‘jailbreak’ konsol, namun penemuan dari failOverflow ini tidak serta merta bahwa konsol PS5 mudah untuk dibobol.

Symmetric root keys mengizinkan para hacker untuk melakukan decrypt file, termasuk firmware, yang berarti para hacker bisa melakukan reverse-engineer pada file tersebut dan mencari exploit yang bisa digunakan untuk menjalankan unsigned code di konsol.

Grup ini juga mengklaim bahwa kemungkinan bukanlah sebuah hal yang mudah bagi Sony untuk membalikkan hal ini dengan sistem update. Ketika pengguna Twitter lain bertanya apakah root key ini dapat ‘dirotasikan’ dengan mudah, grup hacker ini menjawa “tidak.”

Di sisi yang lainnya, hacker Sony, Andy Nguyen telah membuat sebuah cuitan yang sepertinya menunjukan bahwa ia tengah aktif melakukan setting debug pada sebuah konsol PS5. Namun ia tidak berencana untuk mengungkapkan prosesnya.

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More