Harga CPU dan GPU Diperkirakan Akan Naik Tahun Ini

TSCM dikabarkan meningkatkan harga untuk silicon mereka, yang berarti harga untuk CPU dan GPU kemungkinan akan meningkat pada tahun ini.

Seperti yang dilaporkan oleh pihak DigiTimes, pabrikan semiconductor yang berbasis di Taiwan ini telah mengabarkan kepada para kustomer mereka, termasuk raksasa teknologi seperti Apple, AMD, dan Nvidia, dan mereka berencana untuk menaikan harga node mereka hingga 20%.

Penaikan dalam pabrikan juga akan memberikan dampak kepada para pelanggan, dimana pihak perusahaan kemungkinan akan meningkatkan harga dari produk mereka juga.

Diluar dari kelangkaan chip yang tengah berlangsung, yang diperkirakan akan berlangsung sampai dengan tahun depan, TSMC juga mencatat beberapa alasan lainnya untuk meningkatkan harga chip mereka. Hal ini termasuk harga material, kargo, dan logistik. Tom’s Hardware menyebutkan bahwa kenaikan harga akan berdampak secara signifikan pada AMD, karena perusahaan tersebut menggunakan chip buatan TSMC untuk memproduksi CPU dan GPU mereka.

CPU AMD yang dimulai dengan arsitektur Zen 2, dan arsitektur Zen 4 yang akan hadir untuk menjadi lini baru di desktop yang akan hadir pada tahun ini menggunakan chip dari TSMC.

Terlepas laporan tidak menyebutkan referensi ke kartu grafis, namun Nvidia, dan terutama AMD kemungkinan akan meningkatkan MSRP untuk kartu grafis mreka. Meski DigiTimes melaporkan bahwa Nvidia telah melakukan pembayaran di muka ke TSMC untuk memesan silicon 5nm dalam jangka panjang.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: