Harga Nvidia dan AMD Turun di Jerman, Indikasi Penurunan Secara Global?

Sejak akhir tahun 2020, para enthusuast PC dan gamer mengalami kesulitan dalam mendapatkan konsol serta hardware batu. Konsol seperti Nintendo juga kesulitan memenuhi permintaan untuk Nintendo Switch, dan para kustomer yang memilih untuk membeli sebuah kartu grafis baru dari Nvidia dan AMD kecewa karena harga yang melambung tinggi. Namun kemungkinan hal-hal tersebut akan mulai kembali normal, dimana harga-harga kartu grafis di seluruh dunia mulai turun.

Sebuah laporan baru-baru ini menunjukan bahwa harga produk Nvidia dan AMD telah menurun di Jerman. Meski GPU masih 53% lebih mahal dibandingkan harga idealnya, sebuah grafis menunjukan bahwa meski masih mahal, harga mulai perlahan turun sejak bulan Februari tahun ini. Pada titik tertingginya, kartu grafis dijual dengan harga 200% lebih tinggi dibandingkan harga retail.

https://static2.gamerantimages.com/wordpress/wp-content/uploads/2021/07/amd-nvidia-price-drop-germany-july-2021.png?q=50&fit=crop&w=737&h=378&dpr=1.5

Dilansir dari VideoCardz, menampilkan bahw akartu grafis seperti GeForce RTX 3080 telah turun sejauh 1.199 Euro, dimana masih lebih tinggi dibandingkan harga rekomendasi pabrik yang berada di sekitar 720 Euro atau 850 USD. Namun harga GPU ini telah turun secara signifikan sejak sekitar bulan Mei kemarin dimana para pelanggan diharapkan untuk membayar hingga 3,500 USD. Tentunya hal ini menjadi sebuah tanda yang baik.

Namun perlu diketahui bahwa hal ini berhubungan hanya ke market yang ada di Jerman untuk saat ini. Untuk pasar barat yang lain atau Amerika, masih belum terlihat terdapat penurunan. Tapi Nvidia belum lama ini telah mengumumkan bahwa mereka akan meningkatkan produksi untuk kartu RTX 3060 mereka, di saat yang bersamaan, terdapat penurunan harga kartu grafis yang ada di China. Hal ini menjadi sebuah indikasi bahw aterdapat kemungkinan tren penurunan harga mulai terjadi, meski cukup lamban, tetapi terdapat kemungkinan bahwa akan terdapat lebih banyak negara yang mulai menurunkan harga untuk komponen hardware.

Sumber: Gamerant

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More