Harga Saham Sony Turun 13 Persen

Saham Sony dikabarkan telah turun hampir mencapai 13% mengikuti berita Microsoft mengakuisisi Activision Blizzard. Penurunan ini merupakan penurunan terbesar sejak Oktober 2008, yang secara efektif menurunkan valuasi market saham Sony sebesar 20 miliar USD hanya dalam kurun waktu satu hari saja.

Namun, pada publisher pihak ketiga, seperti Capcom, Square Enix, Electronic Arts, dan Ubisoft, saham mereka mengalami kenaikan mengikuti pengumuman kesepakatan akuisisi tersebut.

Pembuat Xbox, sebelumnya mengumumkan bahwa mereka berencana untuk membeli publisher Call of Duty, dan World of Warcraft dalam sebuah kesepakatan yang bernilai 68,7 miliar USD. Kesepakatan ini menjadi kesepakatan terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah industri game.

Microsoft dilaporkan berencana untuk membuat “sejumlah” game Activision Blizzard tetap berada di konsol PlayStation mengikuti akuisisi yang kemungkinan akan selesai pada tahun 2023 ini, dan Phil Spencer mengklaim bahwa “bukan keinginan mereka untuk menarik komunitas pergi dari platform tersebut.”

Sebelumnya, Phil Spencer juga telah mengeluarkan pernyataan yang mirip dengan hal tersebut ketika akuisisi Microsoft atas perusahaan induk Bethesda, Zenimax  yang senilai 7.5 miliar USD selesai.

Meski game Bethesda yang sebelumnya telah dirilis, The Elder Scrolls Online tetap berada di platform PlayStation, dan kesepakatan eksklusif untuk Deathloop dan Ghostwire Tokyo tetap dipertahankan, namun, Microsoft mengkonfirmasi bahwa game-game besar mereka selanjutnya seperti Starfield, Redfall, dan The Elder Scrolls 6 yang akan eksklusif di Xbox dan PC.

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: