Hidetaka Miyazaki, Kecewa Dengan Berita Layoff pada Industri Video Game

Raden Erlangga – Presiden FromSoftware, Hidetaka Miyazaki, mengungkapkan ketidakpuasannya terhadap gelombang pemutusan hubungan kerja yang melanda industri game tahun ini. Ia menyatakan, “Berbicara untuk diri saya sendiri dan perusahaan ini, saya ingin mengatakan bahwa ini adalah sesuatu yang tidak akan pernah saya inginkan terjadi pada staf di FromSoftware.”.

Sejauh ini, FromSoftware bukan hanya kebal terhadap gelombang PHK yang melanda perusahaan game di barat, tetapi juga terus berkembang. Studio ini telah berkembang pesat sejak mulai mengerjakan Elden Ring. Dan sekarang cukup besar untuk mengembangkan setidaknya dua game secara bersamaan (seperti yang ditunjukkan oleh Armored Core 6 tahun lalu). FromSoftware bukan satu-satunya perusahaan Jepang dalam posisi ini. Tahun ini, Capcom bahkan menaikkan gaji karyawan daripada melakukan PHK. Meskipun upah di Jepang terkenal rendah, yang mungkin menjadi salah satu faktor yang melindungi mereka dari PHK.

Miyazaki tampaknya terinspirasi oleh mantan CEO Nintendo, Satoru Iwata, yang terkenal mengambil pemotongan gaji alih-alih memberhentikan karyawan selama masa-masa sulit.

“Saya pikir itu adalah mantan presiden Nintendo, Iwata-san, yang mengatakan bahwa ‘orang yang takut kehilangan pekerjaan takut untuk membuat hal-hal yang baik. “Saya mengutip secara bebas, tetapi saya sepenuhnya setuju dengan pandangan ini,” kata Miyazaki.

Seperti kebanyakan studio game, FromSoftware adalah bagian dari entitas korporat yang lebih besar. Dalam hal ini, studio ini berada di bawah naungan Kadokawa, perusahaan Jepang yang juga bergerak di pasar manga dan anime. Namun, Miyazaki merasa bahwa keduanya memiliki pandangan yang sama tentang bagaimana memperlakukan karyawan. Ia mengatakan, “Saya cukup yakin perusahaan induk kami, Kadokawa, memahami dan berbagi pandangan ini.”

Hal-hal bisa saja berubah, dan tidak ada yang pasti dalam industri game. Bahkan jika menghasilkan game yang diterima dengan baik oleh para pemain dan kritikus terkadang tidak cukup. Miyazaki menyadari hal ini sambil tetap tegar. Ia mengatakan bahwa “meskipun kami tidak bisa mengatakan 100% kami tidak bisa mengatakan dengan kepastian penuh apa yang akan terjadi di masa depan untuk Fromsoft dan Kadokawa setidaknya selama perusahaan ini adalah tanggung jawab saya, itu adalah sesuatu yang tidak akan saya biarkan terjadi”.

Biar gak ketinggalan berita menarik lainnya, kalian bisa follow Share Button Media di Instagram, Facebook Page ataupun subscribe channel Youtube kita.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More