Hidetaka Miyazaki Mengatakan Bahwa Game FromSoftware Lain Tidak Harus Sebesar Elden Ring

Raden Erlangga – Dari wawancara The Guardian dengan Hidetaka Miyazaki, dia mengatakan secara spesifik bahwa bahwa dia tidak merasa game-game-nya harus lebih besar dari Elden Ring.

“Anggaran, skala, cakupan, semuanya telah berkembang begitu pesat hingga ruang untuk kegagalan kini hampir tidak ada lagi. Di mana FromSoftware berdiri saat ini, saya rasa Elden Ring adalah batas maksimalnya. Kami telah memanfaatkan setiap sumber daya dan bakat yang kami miliki. Meningkatkan skala lebih besar lagi mungkin terlalu berisiko. Mungkin langkah selanjutnya adalah mengerjakan beberapa proyek lebih kecil. Memberi kesempatan kepada talenta-talenta muda untuk mengelola dan mengarahkan desain game pada proyek yang lebih terfokus”.

Melihat proyek-proyek sebelumnya, FromSoftware sebenarnya tidak perlu lagi mengembangkan game sebesar Elden Ring untuk saat ini. Mengingat betapa inovatifnya mereka dalam game-game sebelumnya, seperti Sekiro yang awalnya direncanakan sebagai game Tenchu. Tetapi kemudian berkembang menjadi game dengan ciri khas yang unik dan berbeda dari game FromSoftware lainnya. Jangan lupakan juga Bloodborne, di mana FromSoftware berhasil membuat game souls-like dengan pendekatan cerita yang terinspirasi dari novel-novel H.P. Lovecraft.

Pada awalnya, mungkin terdengar mengecewakan karena banyak orang menginginkan proyek berikutnya selalu “lebih besar dan lebih baik”. Namun, ketika melihat situasi industri game saat ini, langkah ini justru menjadi salah satu yang paling bijaksana.

Pernyataan Hidetaka Miyazaki tentang lebih memilih mengerjakan “beberapa proyek” daripada satu proyek besar membawa harapan bahwa studio-studio tidak akan terjebak dalam siklus membuat game yang semakin besar hingga akhirnya gagal dan berujung pada pemecatan massal.

Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More