IP Nintendo DIgunakan Untuk Melatih AI

Raden Erlangga – Baru-baru ini, Runway dilaporkan telah menggunakan video dari saluran Nintendo untuk melatih generator text-to-video mereka. Temuan ini pertama kali diungkapkan oleh 404 Media, yang memperoleh spreadsheet komprehensif berisi daftar saluran regional Nintendo dalam sepuluh baris. Perusahaan besar lainnya yang juga terdaftar di spreadsheet tersebut antara lain Disney, Rockstar Games, Netflix, dan Sony.

Meskipun teknologi Gen-3 Runway telah menerima banyak pujian, terutama dengan dukungan dana dari perusahaan seperti Google dan Nvidia. Tapi tampaknya penggunaan data ini oleh Runway tidak sepenuhnya bijak. Sebuah artikel dari Bloomberg sebelumnya menyoroti bahwa penggunaan video YouTube untuk melatih AI adalah pelanggaran kebijakan perusahaan tersebut.

Walaupun belum ada konfirmasi pasti apakah konten Nintendo telah digunakan untuk melatih Gen-3. Keberadaan nama Nintendo dalam spreadsheet tersebut kemungkinan akan mendorong perusahaan untuk menyelidiki lebih lanjut. Nintendo terkenal sangat protektif terhadap IP mereka. Dan seringkali mengambil tindakan tegas terhadap pembajakan atau penggunaan tanpa izin, termasuk dalam kasus ini.

Biar gak ketinggalan berita menarik lainnya, kalian bisa follow Share Button Media di Instagram, Facebook Page ataupun subscribe channel Youtube kita ya..

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More