Jumlah Pemain Aktif Bersamaan Elden Ring di Steam Berkurang Secara Drastis

Ketika dirilis, jutaan pemain menjelajahi Lands Between yang ada di Elden Ring dari bulan Februari sampai dengan bulan Maret. Namun, meski penjualan untuk game tersebut tinggi, metrik dari sejumlah tempat menunjukan bahwa jumlah pemain yang kembali ke dalam game tersebut semakin menurun dalam beberapa hari terakhir ini.

Hal tersebut ditunjukan dalam jumlah pemain yang aktif bersamaan di Steam, yang merupakan sebuah data yang paling transparan yang ada di komunitas Elden Ring. Meski tidak memiliki dampak yang signifikan pada kebanyakan game single player dengan multiplayer yang terbatas seperti game Destiny 2 atau Babylon’s Fall. Namun data ini cukup menarik untuk disimak.

Jumlah Pemain Aktif Bersamaan Elden Ring di Steam Berkurang Secara Drastis

Dilansir dari situs SteamDB, sebuah situs pihak ketiga yang mengumpulkan informasi dari Steam, jumlah pemain aktif bersamaan di Elden Ring telah menurun hampir sebanyak satu juta pemain sejak bulan Maret kemarin, dan mendekati angka 100 ribu pemain di bulan Mei ini. Data ini menunjukan bahwa terdapat penurunan sebesar hampir 90% jika dibandingkan ketika game tersebut dirilis di bulan Februari kemarin.

Namun jika melihat data dari SteamDB, dapat terlihat bahwa penurunan tersebut tidak terjadi secara langsung namun secara bertahap dan konsisten sejak puncak pertamanya di angka 950 ribu pemain pada pertengahan bulan Maret. Namun mengingat bahwa Elden Ring memiliki konten multiplayer yang terbatas dan tidak dibangun agar para pemainnya terus masuk ke dalam game ini setiap harinya seperti sebuah game live-service, hal ini tampaknya merupakan hal yang biasa. Dan dilansir dari achievement yang ada di Steam, terlihat bahwa hampir 35% dari pemain telah menyelesakan game ini.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: