Kelangkaan Xbox Series dan PlayStation 5 Akan Berlanjut Sampai Tahun Depan

Bagi para gamer yang berharap bahwa semakin mudah untuk mendapatkan konsol generasi selanjutnya kemungkinan harus menunggu satu tahun lagi karena kelangkaan chip grafis terus berlanjut. Dilansir dari Toshiba, kelangkaan ini bisa berlangsung sampai September tahun depan.

Sebuah laporan dari Bloomberg menyatakan bahwa Toshiba tidak bisa memenuhi permintaan untuk microchip setidaknya sampai tahun selanjutnya, dan dalam beberapa kasus, pihak perusahaan kemungkinan tidak bisa memproduksi chip dengan stabil sampai 2023. Karena peningkatan permintaan yang terus meningkat, dan juga kurangnya material, chip untuk manufaktur konsol kemungkinan tidak akan tersedia dalam waktu dekat ini.

Hal ini berarti bahwa permasalahan stock yang merajalela bagi para gamer yang ingin membeli PlayStation 5, atau Xbox One akan terus merasakannya sampai tahun 2022, dan bahkan sampai ke tahun 2023. Hal ini tentunya tidak ideal untuk Sony atau Microsoft, dimana keduanya tengah mendorong konsol baru mereka dalam beberapa bulan terakhir ini, untuk bersiap menghadapi musim liburan.

Beberapa pembeli bahkan tengah mencoba membeli konsol-konsol ini sejak dirilis pada bulan November tahun lalu. Namun kelangkaan chip telah membuat stok konsol tidak dapat diprediksi. Dengan jumlah konsol yang rendah, ditambah para scalper yang dengan cepat membeli barang tersebut, dan kemudian menjualnya telah membuat konsol PS5, dan Xbox Series sangat sulit di beli.

Lebih lagi, jika kelangkaan ini terus berlanjut, perangkat gaming lainnya akan terkena dampaknya juga. Beberapa gamer telah berspekulasi bahwa Nintendo Switch Pro kemungkinan ditunda ke musim liburan tahun depan akibat kelangkaan ini.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More