Little Big Planet 3 Akan Dihapus Dari PlayStation Store

Raden Erlangga – Kabar buruk pagi penggemar seri Little Big Planet. Setelah 10 tahun beroperasi, LittleBigPlanet 3 beserta seluruh konten DLC-nya akan dihapus dari PlayStation Store pada 31 Oktober 2024. Hal ini diumumkan melalui pernyataan resmi dari akun Twitter LittleBigPlanet yang menyebutkan bahwa gamenya dan seluruh konten DLCnya akan dihentikan dari penjualan digital setelah satu dekade perilisannya.

 

little big
Pemain yang sudah memiliki atau membeli LittleBigPlanet 3 dan DLC-nya sebelum batas waktu tersebut masih dapat mengakses konten yang sudah mereka beli. Namun, bagi yang belum, ini adalah kesempatan terakhir untuk mendapatkan salinan digital dari game platformer ikonik ini.

Setelah tanggal 31 Oktober, satu-satunya cara untuk memiliki LittleBigPlanet 3 adalah dengan membeli salinan fisik bekas. Karena game ini tidak lagi tersedia secara resmi di PlayStation Store.

“Kami ingin mengingatkan komunitas dan para pendatang baru. Bahwa ini adalah kesempatan terakhir untuk memiliki salinan digital dari LittleBigPlanet 3 atau DLC-nya”.

Ditutup Akibat Serangan Hacker

Pengumuman ini menyusul penutupan server LittleBigPlanet 3 di PS4 pada awal tahun ini akibat serangan hacker yang tak teratasi, yang juga menyebabkan hilangnya jutaan level dan konten buatan pengguna. Masalah terkait server LittleBigPlanet 3 bukanlah hal baru. Pada awal tahun 2024, server LittleBigPlanet 3 ditutup secara “sementara”, namun kemudian Sony mengonfirmasi bahwa penutupan ini akan berlangsung permanen. Alasannya adalah masalah teknis dan serangan Distributed Denial-of-Service (DDoS) yang terus berlanjut selama beberapa tahun terakhir. Hal ini menyebabkan hilangnya ribuan level yang dibuat oleh komunitas selama 15 tahun terakhir, meninggalkan para penggemar dalam kekecewaan.

Seperti yang dikonfirmasi Sony, LittleBigPlanet 3 telah berjuang menghadapi serangan hacker selama bertahun-tahun. Upaya perbaikan dilakukan, namun pada akhirnya server mereka tak pernah kembali online, memaksa Sony untuk menutup layanan online secara permanen. Pengguna yang masih memiliki data lokal di konsol PS4 mereka masih bisa mengakses dan membuat konten baru secara lokal, tetapi tidak dapat lagi berbagi konten tersebut secara online.

Dan untuk berita seputar dunia game dan liputan lainnya bisa kalian dapatkan di channel YouTube, Instagram dan juga situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More