Naoki Yoshida Meminta Para Gamer Untuk Sopan Ketika Memberikan Feedback Kepada Developer

Tentunya kita mengetahui sebuah peraturan yang tidak tertulis yang berbunyi, perlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan. Kini Director dari game Final Fantasy 14, Naoki Yoshida belum lama ini meminta kepada para gamer untuk mengikuti peraturan tersebut, dimana ia membicarakan mengenai pelecehan verbal yang ditunjukan kepada pihak developer maupun pemain lainnya.

Dalam sebuah video YouTube yang diterjemahkan di Reddit, Yoshida menyebutkan feedback dari para penggemar, dengan mengatakan bahwa meski ia mendukung kritik yang membangun dari para penggemar, pelecehan verbal tentunya tidak dapat di tolerir.

“Tentunya Saya berterima kasih dan menghargai para pemain yang mengatakan kepada kami bahwa ‘kami harus melakukan ini, atau kami harus melakukan itu’, dan yang lainnya, namun pelecehan verbal adalah [sesuatu yan gkami harap bisa dihentikan],” ujar Yoshida.

Bulan lalu, Square Enix akhirnya merilis Final Fantasy XIV: Endwalker, yang merupakan ekspansi terbaru untuk game MMO yang bertempat dalam universe Final Fantasy tersebut. Namun, sebelum perilisannya, Square Enix harus menunda game tersebut selama dua minggu. Yoshida mengatakan bahwa penundaan tersebut memunculkan beberapa perilaku toxic di komunitas.

“Sejak penundaan perilisan ekspansi tersebut… dalam beberapa hal tampaknya terdapat sejumlah [hater game ini] menyerang pemain lain terlepas tidak memainkan game tersebut, dan hal ini sangat mencolok.” ujar Yoshida.

Yoshida mengatakan bahwa penindasan dalam komunitas dapat membuat pemain baru untuk berhenti memainkan game ini sepenuhnya, dan selain itu juga memberikan dampak yang negatif kepada para developer, bahkan bisa menuju pengunduran diri karena penindasan dari para fans.

“Saya bisa menerimanya,” ujar Yoshida. “Namun para staff akan merasa kecewa setelah mendapatkan perkataan tersebut ketika mereka memberikan hal yang terbaik untuk membuat sesuatu yang dapat dinikmati semuanya, dan hal ini bisa membuat mereka tidak lagi ingin membuat hal yang menyenangkan.”

Solusinya, menurut Yoshida adalah untuk memperlakukan satu dengan yang lainnya dengan lebih berempati, seperti ketika kalian berbicara dengan developer atau orang lain secara empat mata.

Dan, tentunya, Yoshida juga masih ingin para gamer untuk melaporkan berbagai kesalahan yang dilakukan oleh pihak developer, ia hanya berharap bahwa para gamer akan mempertimbangkan bagaimana kedepannya mereka memberikan pendapat.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: