Naoki Yoshida Menangis Selagi Mengumumkan Penundaan FFXIV Endwalker

Ekspansi dari Final Fantasy 14, Endwalker belum lama ini diumumkan akan ditunda sampai ke bulan Desember. Hal ini telah dikonfirmasi oleh pihak Square Enix pada hari Sabtu kemarin.

Berita ini dibagikan pada saat sebuah live streaming yang menghadirkan director dan producer Naoki Yoshida, yang terlihat dengan jelas bahwa ia kecewa, hingga ke satu titik meneteskan air mata selagi ia mengkonfirmasi bahwa Endwalker kini akan dirilis pada tanggal 7 Desember, 2021 – dua minggu lebih lama dibandingkan yang direncanakan sebelumnya, 23 November, 2021.

Lebih lanjut, dikonfirmasi oleh Yoshida, periode early access untuk ekspansi tersebut juga ditunda dua minggu ke tanggal 3 Desember, 2021.

Sang producer menyatakan bahwa penundaan ini diambil sehingga pihak tim pengembang dapat membuat penyesuaian terakhir sebelum perilisannya.

YouTube player

“Hal ini merupakan sesuatu yang telah kami putuskan pada hari Jumat kemarin, jadi hal ini sangat mendadak,” ujarnya. “Hal ini adalah yang pertama kalinya tidak hanya XIV telah membawa seluruh karir saya bahwa kami mengumumkan sebuah tanggal perilisan dan kemudian harus menundanya, jadi Saya merasa sangat buruk mengenai hal ini.”

Sambil mengusap air matanya, Yoshida menambahkan, “Saya mengerti bahwa beberapa dari kalian bahkan telah mengambil cuti untuk hal ini, dan Saya tahu bahwa kalian tengah bersiap… kami telah berusaha untuk memikirkan apakah terdapat sebuah jalan agar kami bisa [sesuai dengan tanggal perilisannya].”

“Dapatkan kami memisahkannya menjadi beberapa patch atau dapatkan kami mengambil langkah untuk memotong sejumlah elemen? Namun sayangnya konten kami tidak dibuat seperti itu, jadi untuk kali ini kami benar-benar ingin memprioritaskan untuk memberikan kualitas terbaik. Jadi sekali lagi, Saya benar-benar meminta maaf karena berakhir seperti ini.”

Endwalker disebutkan sebagai ekspansi Final Fantasy XIV terbesar saat ini, dan akan menyelesaikan story arc yang tengah berlangsung sekarang. Yoshida mengatakan bahwa tekanan untuk menghadirkan sebuah ekspansi yang layak telah membuat mereka menunda perilisannya di menit-menit terakhir.

Sumber: Siliconera, VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: