Nintendo Dan The Pokemon Company Telah Menuntut Pocketpair

Raden Erlangga – Palworld mendapat sambutan luar biasa ketika dirilis awal tahun ini. Dan berhasil mencatatkan dua juta pemain bersamaan di Steam dan terjual lebih dari 15 juta kopi hanya dalam waktu satu bulan. Versi Xbox bahkan menarik 10 juta pemain.

Tetapi game ini secara tampilan, bisa dibilang mengambil referensi dari Pokemon. Itulah sebabnya, Nintendo dan The Pokémon Company mengajukan gugatan pelanggaran hak paten terhadap Pocketpair, pengembang Palworld. Gugatan tersebut diajukan di Pengadilan Distrik Tokyo pada 18 September 2024. Gugatan ini fokus pada dugaan pelanggaran sejumlah hak paten yang dimiliki oleh kedua perusahaan tersebut.

Nintendo Akhirnya Menggugat Pocketpair

Nintendo menegaskan dalam pernyataan mereka bahwa mereka akan terus mengambil langkah yang diperlukan untuk melindungi hak kekayaan intelektual mereka. “Nintendo akan terus mengambil tindakan yang diperlukan terhadap segala bentuk pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektualnya, termasuk merek Nintendo itu sendiri, demi melindungi kekayaan intelektual yang telah mereka bangun selama bertahun-tahun”.

 

Pokemon Company
Nintendo

 

Gugatan ini bertujuan untuk menghentikan pelanggaran dan menuntut ganti rugi atas kerugian yang ditimbulkan. Menurut Nintendo dan The Pokémon Company, karakter Pals dalam Palworld dinilai sangat mirip dengan Pokémon. Sehingga melanggar hak paten terkait desain dan konsep, yang pada akhirnya membawa Pocketpair ke ranah hukum.

Sekilas, Palworld tampak seperti perpaduan antara elemen Pokémon dan mekanika survival. Namun, yang menarik perhatian Nintendo adalah kemiripan yang mencolok antara desain makhluk-makhluk di Palworld dengan karakter Pokémon. Serta sistem gameplay serupa yang digunakan. Pemain dalam game ini dapat menangkap dan merawat makhluk-makhluk fantastis yang disebut “Pals”, mirip dengan bagaimana para pelatih Pokémon menangkap dan melatih Pokémon mereka.

Untuk detail lebih lengkapnya belum diungkapkan oleh pihak Nintendo, kita tunggu saja bagaimana hasil gugatan ini berakhir. Sebelumnya Pocketpair juga mendapatkan tuduhan dari beberapa penggemar Pokemon. Tetapi tuduhan yang dilontarkan ternyata adalah tuduhan palsu, seperti adanya penggemar yang sengaja memanipulasi model 3D Pokemon agar sama dengan Palworlds. Ataupun menuduh Pocketpair menggunakan ai dalam membuat desain monsternya.

Dan untuk berita seputar dunia game dan liputan lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More