Nintendo Gak Bakal Gunain “Generative AI” Buat Produksi Game Mereka

Raden Erlangga – Bukan rahasia lagi, teknologi AI khususnya generative AI, telah mendapatkan perhatian besar dalam beberapa tahun terakhir. Dan buktinya, banyak kasus developer yang menggunakan AI dalam pembuatan gamenya. Entah itu digunakan untuk membuat asset gamenya atau digunakan untuk membuat voice over.

Jika kalian khawatir tentang apakah Nintendo akan mengadopsi teknologi ini dalam pengembangan gamenya? Sepertinya kalian bisa tenang untuk saat ini.

Nintendo Tidak Akan Gunakan Generative AI

Dalam rapat pemegang saham tahunan yang digelar oleh Nintendo baru-baru ini, Presiden Shuntaro Furukawa berbicara tentang minat perusahaan dalam menggunakan AI untuk pengembangan game. Furukawa memastikan bahwa Nintendo tidak akan mengejar teknologi generative AI untuk saat ini. Karena masalah potensial terkait hak kekayaan intelektual, yang dimana HAKI merupakan sebuah topik yang sangat dijaga ketat oleh perusahaan ini.

Furukawa berkata :

“Di industri game, teknologi mirip AI telah lama digunakan untuk mengontrol gerakan karakter musuh, jadi pengembangan game dan teknologi AI selalu berkaitan erat. Tetapi, AI bersifat generatif, menjadi topik hangat dalam beberapa tahun terakhir, AI ini bisa digunakan secara kreatif, tetapi kami juga menyadari bahwa teknologi ini memiliki masalah dengan hak kekayaan intelektual.

“Kami memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam menciptakan pengalaman bermain game yang optimal untuk pelanggan kami, meskipun kami tetap fleksibel dalam menanggapi perkembangan teknologi, kami berharap dapat terus memberikan nilai yang unik bagi kami dan tidak dapat dicapai hanya melalui teknologi”.

Om Furukawa juga menambahkan bahwa meskipun AI telah digunakan dalam industri game untuk mengontrol perilaku karakter musuh. Teknologi AI generatif yang lebih canggih saat ini memerlukan pertimbangan lebih dalam, terutama terkait dengan hak kekayaan intelektual. Nintendo memilih untuk tetap berhati-hati dan lebih fokus pada pendekatan tradisional yang telah terbukti sukses selama bertahun-tahun.

Sikap Nintendo yang hati-hati ini mungkin berbeda dengan beberapa perusahaan game lain yang lebih berani mengadopsi teknologi baru. Namun, ini menunjukkan komitmen Nintendo untuk menjaga kualitas dan orisinalitas dalam setiap game yang mereka kembangkan.

Biar gak ketinggalan berita menarik lainnya, kalian bisa follow akun sosial media Share Button Media di Instagram, Facebook Page ataupun subscribe channel Youtube kita.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More