Nintendo Hapus Ratusan Game Buatan Fans Dengan DMCA

Menyusul perintah penghapusan massal DMCA dari Nintendo, terdapat 379 game buatan para fans telah dihapus dari layanan hosting game yang bernama Game Jolt, termasuk beragam game free-to-play lainnya.

Game Jolt sendiri adlaah sebuah situs web yang menghosting video game gratis dan komersial untuk di download. Terkadang game-game indie juga dijual pada situs tersebut bersamaan juga di Epic Games Store, dan Steam. Disisi lain, terdapat game-game hasil karya para fans dari game favorit mereka, seperti Undertale. Banyak game seperti itu merupakan game gratis, game-game yang dibuat oleh para fans tersebut berdasarkan franchise seperti Pokemon, Super Mario, dan The Legend of Zelda, atau memiliki karakter dari franchise-franchise tersebut.

Departemen hukum Nintendo mengeluarkan DMCA penghapusan massal sebanyak 379 game dari franchise tersebut, dimana di publikasikan ke GitHub oleh salah satu pendiri Game Jolt, Yapark DeCarmine. Pernyataan tersebut mengeluarkan klaim bahwa Game Jolt tidak hanya menggunakan kekayaan intelektual Nintendo tanpa izin perusahaan tetapi juga mendapatkan keuntungan dari melakukannya. “Situs web di gamejolt.com menghasilkan pendapatan dari spanduk iklan yang ditampilkan di situs dan iklan diputar sementara pengguna menunggu game dimuat,” kata pernyataan Nintendo.

Semua 379 game yang tercantum dalam pernyataan Nintendo telah dihapus dari Game Jolt. Developer fan made game ini disambut dengan pesan bahwa game mereka telah dihapus dari situs: “Kami telah menerima pemberitahuan penghapusan DMCA dan diminta untuk menghapusnya dari situs. Hanya Anda yang dapat melihatnya.”

Namun, salah satu developer, jeb_yoshi, telah mem-posting ulang game Five Nights at Yoshi’s dengan menonaktifkan iklan, ia percaya bahwa hal tersebut merupakan sumber mengapa gamenya dihapus.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More