Nintendo Menggugat Pembajak Handal!

Raden Erlangga – Nintendo mengajukan dua tuntutan hukum baru kepada pembajak Nintendo Switch untuk isu pembajakan yang disebarluaskan pada komunitas dan forum Internet.

pembajak nintendo
 
Tuntutan pertama ditargetkan kepada Modded Hardware yang dikelola oleh Ryan Daly (Homebrew Homie). Alasan dari penuntutan tersebut karena komunitas tersebut melakukan penjualan hardware Nintendo Switch yang telah sepenuhnya dimodifikasi. Tidak berhenti disitu saja, hardware Switch modifikasi yang dijual oleh Modded Hardware juga disertai dengan beberapa unduhan software bajakan dari IP ternama Nintendo dalam satu paket.

Dilansir dari TorrentFreak, Nintendo mengancam akan menuntut Ryan Daly selaku pengelola Modded Hardware. Pihak Modded Hardware awalnya memberi kesepakatan, dimana Modded Hardware akan menghentikan penjualan hardware Switch yang telah dimodifikasi. Namun kesepakatan itu sudah sangat jelas tidak ditegakkan oleh mereka.

Nintendo menolak persetujuan tersebut karena Nintendo telah mengklaim bahwa layanan Modded Hardware dengan konsol modifikasinya telah menyebabkan kerugian besar yang tidak dapat diperbaiki. Jadi tentu saja Nintendo menolak persetujuan itu dan ingin memberi pelaku kejahatan sanksi yang setimpal dengan apa yang telah dilakukannya. Dikabarkan bahwa denda yang diberikan kepada Modded Hardware bisa mencapai jutaan dolar, karena Nintendo berharap dapat memperoleh kembali kerugiannya.

 

Nintendo Juga Menuntut James Williams

 
Tidak hanya itu, Nintendo juga menggugat James “Archbox” Williams, seorang moderator dari forum bajakan r/SwitchPirates yang hampir memiliki 200 ribu member. James Williams diduga memiliki hubungan dengan beberapa toko bajakan yang menawarkan berbagai macam game bajakan untuk Nintendo Switch. James Williams juga dituduh mendorong perilaku bajak-membajak kepada member-membernya di forum r/SwitchPirates. Ia juga di duga memberi “saran teknis” kepada membernya untuk melakukan pembajakan. Hal ini tentu saja sudah menyalah gunai peraturan DMCA yang telah ditegaskan oleh Nintendo kepada semua produknya.

Parahnya, James Williams sendiri tahu atas apa yang dilakukannya. Nintendo menyertakan bukti bahwa James Williams pernah membual didepan umum jika dia adalah “Seorang bajak laut, yang tidak akan memberi Nintendo $50 untuk sebuah game!”.

Bukan kabar baru lagi bagi kita para gamers, untuk mengetahui bahwa Nintendo sangat “anti” terhadap pembajak hadrwarenya. Seperti kasus pembajak Gary Bowser ditahun 2022 dan emulator Yuzu yang sempat menghebohkan warganet awal tahun. Tentu saja gugatan ini dilakukan untuk hal yang positif. Karena Nintendo sangat peduli terhadap developer yang membuat software untuk dijalankan di hardwarenya. Jadi tentu saja dengan adanya hardware modifikasi, ini akan berdampak besar dengan penjualan unit setiap game yang rilis di Switch, dan tentu saja hal ini pastinya berdampak buruk untuk industri video game.

Akses untuk membeli video game semakin mudah ditahun ini. Jadi saya rasa pembajakan bukanlah sesuatu hal yang bisa terlalu diwajarkan seperti era dulu. Pengembangan game juga makin tahun semakin mahal, menyebabkan adanya layoff terhadap studio favorit kita. Upaya Nintendo ini saya rasa cukup membantu industri video game, mengenyampingkan studio utama Nintendo. Studio third party dan studio Indie dengan penjualan yang susah untuk mencapai jutaan copy pastinya akan lebih terbantu.

Biar gak ketinggalan berita menarik lainnya, kalian bisa follow akun sosial media Share Button Media di Instagram, Facebook Page ataupun subscribe channel Youtube kita.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More