Nintendo Sebut Dolphin Emulator di Steam Merugikan Pengembangan dan Menghambat Inovasi

Posisi dalam dunia industri game tentunya berada di warna abu-abu, karena tergantung dengan bagaimana orang yang menggunakannya dan juga bagaimana orang yang ada di balik emulator mengembangkannya. Namun di sisi lain juga ada argumen yang cukup penting, seperti dari bos dari Xbox – Phil Spencer kalau emulator adalah salah satu alat untuk melestarikan game. Sayangnya kehadiran emulator sendiri juga tidak berjalan dengan mulus, seperti yang terjadi dengan emulator Dolphin yang ingin masuk ke Steam namun dijegal oleh Nintendo yang mengirimkan surat cinta ke Valve untuk menurunkan halaman emulator GameCube dan Wii tersebut, tentunya karena platform merah ini menganggap emulator itu ilegal.

Berbicara dengan pihak Kotaku, seorang juru bicara dari Nintendo menyebutkan kalau emulator Dolphin menggunakan praktik ilegal agar bisa mendapatkan akses ke game-game jadul Nintendo. Hal ini bertentangan dengan komitmen mereka untuk melindungi kerja keras dan kreativitas dari para pembuat game maupun konsol. Nintendo juga mengatakan kalau menggunakan emulator yang ilegal atau game yang ilegal merugikan pengembangan dan pada akhirnya menghambat inovasi.

Dolphin Emulator Nintendo

Bagaimana dengan kalian sendiri? Apakah keputusan yang dilakukan Nintendo tepat atau tidak?


Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More