Para Gamer Kini Dapat Melihat Apakah Game Mereka Dapat Berjalan di Steam Deck Atau Tidak

Steam Deck berjanji untuk menghadirkan sebuah gaming PC dalam sebuah format handheld, dan kini Valve tengah menguji game-game apa saja yang dapat berjalan dengan baik di platform ini.

Valve belum lama ini dikabarkan telah memperkenalkan sebuah sistem simbol untuk memberitahu kepada para pemain bagaimana performa sebuah game ketika berjalan di Steam Deck. Sejauh ini terdapat empat tier kompatibilitas di dalam sistem baru ini. Yaitu:

Verified

  • Sebuah simbol check berwarna hojau yang mengindikasikan bahwa game tersebut telah melewati sejumlah tes yang dilakukan Valve untuk input kontroler, display seamlessness, dan system support.

Playable

  • Sebuah simbol warna kuning, yang berarti bahwa game ini dapat dimainkan, namun membutuhkan sejumlah penyesuaian untuk dapat memainkannya dengan nyaman. Valve mengatakan bahwa hal ini dapat berarti memilih sebuah konfigurasi kontroler yang dibuat oleh komunitas, menggunakan touch screen, dan yang lainnya.

Unsupported

  • Sebuah simbol abu-abu yang berarti game ini tidak dapat berjalan di Steam Deck. Sebuah contoh yang mudah untuk hal ini adalah Half-Life Alyx, dimana membutuhkan sebuah headset VR untuk memainkannya.

Unknown

  • Sebuah tanda tanya yang berarti Valve masih belum memeriksa kompatibilitas game ini.

Para Gamer Kini Dapat Melihat Apakah Game Mereka Dapat Berjalan di Steam Deck Atau Tidak

Sistem ini juga akan berdampak bagaimana game ditampilkan di Steam Store pada handheld ini. Hanya game-game yang mendapatkan verifikasi oleh Steam Deck saja yang akan ditampilkan di store. Badge tersebut juga akan ditampilkan dalam thumbnail untuk setiap game yang ada di Steam Library kalian, yang akan memberitahu kalian bagaimana game tersebut akan berjalan sebelum kalian memainkannya di handheld ini.

Valve sendiri mengatakan bahwa mereka berencana untuk merilis kompatibility untuk banyak game di katalog Steam sebelum perilisan Steam Deck. Hal ini juga akan tetap dilakukan meski konsol tersebut telah dirilis.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More