Pendapatan Game Indie di Tahun 2024 Hampir Menyamai Game AAA/AA

Raden Erlangga – Berdasarkan laporan terbaru dari VG Insights, game indie berhasil menghasilkan hampir $4 miliar dalam pendapatan kotor di Steam dari 1 Januari hingga 30 September 2024. Angka ini mencapai 48% dari total pendapatan penjualan game di Steam pada tahun ini.

game indie

game indie
Pada tahun 2024, lebih dari 13 ribu game dirilis di Steam, dengan 98,9% di antaranya merupakan game indie. Walaupun sebagian besar produk ini berasal dari studio dengan skala kecil hingga menengah. Mereka berhasil mencapai total penjualan 504 juta kopi, di mana 58% di antaranya adalah game indie. Dengan kata lain, game indie secara konsisten mendominasi platform Steam dalam hal jumlah perilisan dan penjualan.

Namun, laporan VG Insights menyoroti bahwa definisi “game indie” semakin kabur. Beberapa game yang digolongkan sebagai indie, seperti Black Myth: Wukong dan Palworld, memiliki anggaran yang setara dengan game AAA. Meskipun begitu, studio seperti Game Science yang mengembangkan Black Myth: Wukong tetap dianggap independen karena mereka menerbitkan game mereka sendiri. Game ini, misalnya, berhasil meraup pendapatan sebesar $1 miliar, yang melebihi seluruh pendapatan lain yang dirilis pada tahun 2024.

Laporan ini juga mengklasifikasikan pasar indie menjadi empat segmen. “Triple-i” (tim lebih dari 50 orang, penjualan lebih dari 1 juta kopi. Lalu pendapatan $50 juta), pasar menengah (15-50 orang, penjualan 200 ribu hingga 1 juta kopi, pendapatan $10 juta). Lalu tim kecil (3-15 orang, penjualan 20 ribu hingga 200 ribu kopi, pendapatan $1 juta). Dan juga pengembang hobi (1-2 orang, penjualan 2 ribu hingga 20 ribu kopi, pendapatan $50 ribu). Segmen Triple-i menyumbang 53% dari total pendapatan tahun ini. Lalu diikuti oleh tim kecil (20%), pasar menengah (19%), dan pengembang hobi (8%).

Pertumbuhan Gami Indie Yang Merata

Pertumbuhan pasar indie ini tidak hanya terbatas pada game berskala besar. Laporan VG Insights juga menunjukkan bahwa pengembang indie semakin berpengalaman, dengan lebih banyak pengembang merilis proyek kedua dan ketiga mereka. Rata-rata, game ketiga dari tim yang sama menghasilkan pendapatan kotor $209 ribu, dibandingkan dengan $168 ribu untuk proyek kedua dan $120 ribu untuk proyek pertama.

Secara keseluruhan, VG Insights memperkirakan segmen indie akan mencapai pendapatan $4,9 miliar pada akhir tahun 2024. Dengan penjualan gabungan mencapai 381 juta unit. Pertumbuhan sebesar 82% ini menjadi bukti kuat bahwa game indie tidak hanya mendominasi dalam hal jumlah perilisan. Tetapi juga dalam hal pendapatan dan popularitas di kalangan pemain.

Dan untuk berita seputar dunia game dan liputan lainnya bisa kalian dapatkan di channel YouTube, Instagram dan juga situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More