Penjualan Nintendo Switch Turun 34% di Semester 1, Switch Telah Terjual 92.8 Juta Unit

Nintendo belum lama ini telah merilis hasil keuangan mereka untuk periode enam bulan yang berakhir pada tanggal 30 September, 2021, yang menunjukan terdapat penurunan penjualan konsol secara signifikan.

Untuk periode tersebut, keuntungan operasional menurun sebanyak 24.5%, menurun ke 219.9 miliar Yen dari 291.4 miliar Yen, di periode yang sama tahun 2020. Sedangkan untuk keuntungan biasa juga turun sebesar 20.6% ke 236.2 miliar Yen dari 297.4 miliar Yen.

Pihak perusahaan melaporkan net sales mereka sebesar 624.5 miliar Yen, turun sebesar 18.9% dibandingkan tahun sebelumnya.

Nintendo juga mencatat sebuah penurunan dalam konsol Nintendo Switch pada periode tersebut, dimana konsol Nintendo Switch terjual sebanyak 8.28 juta unit, penurunan sebesar 34% dari tahun sebelumnya. Dan 1.8 juta unit yang terjual adalah Nintendo Switch Lite.

Sedangkan untuk penjualan software pada periode tersebut menurun 6.3% ke 93.8 juta unit.

Secara keseluruhan, Nintendo telah menjual total 92.8 juta unit Switch sejak konsol tersebut dirilis, dan 681 juta unit software.

Penurunan tersebut merupakan penyesuaian Nintendo mengikuti perilisan Animal Crossing: New Horizons pada bulan Maret 2020, yang mendorong “peningkatan signifikan” dalam penjualan hardware dan software.

Dalam bisnis mobile, pendapatan yang berhubungan dengan IP Nintendo telah mendulang keuntungan sebanyak 25.5 miliar Yen, turun 4.6% dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada bulan Maret kemarin, Nintendo sendiri telah membuat sebuah kerja sama baru dengan developer Pokemon Go, Niantic untuk merilis sebuah seri game mobile yang di dasarkan pada IP populer Nintendo, dan game pertama tersebut adalah Pikmin Bloom, yang mulai bermunculan pada minggu ini.

Untuk kedepannya, Nintendo berharap untuk memperluas penjualan mereka pada semester kedua tahun fiskal ini mengikuti perilisan Switch OLED bulan lalu, dan sejumlah game utama, seperti Metroid Dread yang dirilis bersamaan dengan model ini, dan juga Pokemon Brilliant Diamond, dan Shining Pearl yang akan dirilis pada bulan ini, dan Pokemon: Arceus pada bulan Januari tahun depan.

Sumber: Gamesindustry

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More