Perbandingan Ukuran RTX 3090 Dengan Xbox Series X, Tampilkan Seberapa Besar GPU Tersebut

Ketika Nvidia secara resmi mengungkap lini seri 30 kartu grafis mereka ke publik, para gamer langsung memperhatikan seberapa besar unit kartu grafis tersebut, seperti ukuran yang ditampilkan oleh kartu grafis RTX 3090. Meski banyak orang yang menggunakan chart perbandingan untuk mendapatkan gambaran seberapa besar kartu grafis tersebut sebelum dirilis, dan kali ini terdapat sebuah gambaran bagaimana jika kartu grafis tersebut dibandingkan dengan konsol next-gen yang akan dirilis pada akhir tahun ini.

Menjelang peluncuran, GeForce RTX 30 Series mengundang kontroversi dari para pengguna Nvidia saat ini yang telah membeli kartu grafis Nvidia sebelumnya, yang dimana kartu grafis baru menghadirkan lonajakan performa yang signifikan. Namun, terlepas dari label harga RTX 3090 yang tinggi, terdapat laporan yang mengklaim bahwa kartu grafis tersebut tidak sekuat seperti yang diiklankan. Mengikuti peluncurannya, salah satu situs yang bernama Digital Foundary akhirnya bisa mendapatkan kartu grafis tersebut, dan menghapus berbagai spekulasi yang ada.

Sebelum situs tersebut menyelesaikan review untuk kartu grafis RTX 3090, ia memutuskan untuk membanfingkan ukuran dari GPU Nvidia Founder Edition yang mereka dapatkan dengan sebuah konsol Xbox Series X. Setelah menaruh kartu grafis tersebut diatas konsol yang berbentuk persegi panjang ini, Digital Foundary mengkonfirmasi, bahwa kartu grafis Nvidia ini memiliki ukuran yang sedikit lebih panjang jika dibandingkan dengan tinggi dari konsol Xbox Series X.

Tentunya perbandingan ini langsung memunculkan perdebatan mengenai bagaimana keuntungan yang ditawarkan RTX 3090 jika dibandingkan dengan konsol next-gen. Dimana sebagian beragrumen tentang hasil statistik yang mengagumkan dari RTX 3090, dan kekuatan yang bisa mengalahkan kelebihan dari Xbox Series X, yang lainnya beragrumen bahwa konsol Microsoft yang akan hadir ini juga menghadirkan sebuah CPU, dan dapat beroperasi secara utuh, tidak seperti GPU, yang merupakan sebuah komponen yang membutuhkan sebuah komputer untuk berfungsi.

Meski, tentunya kita tidak bisa langsung membandingkan GPU untuk PC dengan sebuah konsol, perdebatan yang ada di komentar Twitter menunjukan point yang valid mengenai apakah ukuran kartu grafis tersebut sesuai dengan kemampuan yang akan dihasilkan. Terlepas dari laporan bahwa RTX 3090 tidak sekuat yang diiklankan, beberapa orang meyakini bahwa ukuran 3090 jadi agak tidak praktis.

Sumber: Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: