PlayStation 5 Akhirnya Geser Posisi Switch Setelah 33 Bulan Berada di Puncak Penjualan Konsol US

Dikabarkan bahwa konsol PlayStation 5 milik Sony telah berhasil melampaui Nintendo Switch untuk mendominasi chart NPD untuk penjualan konsol pada bulan September 2021 di Amerika. PlayStation 5 berhasil meraih posisi tersebut setelah lebih dari dua tahun posisi tersebut di duduki oleh Switch. Dilansir dari Matt Piscatella, Executive Director dari NPD Group, PlayStation 5 merupakan konsol paling laris dalam ranah penjualan per uit, dan dollar yang dihasilkan. Konsol Switch sendiri telah memimpin penjualan unit sejak mengalahkan PS4 pada bulan Desember di tahun 2018. Meski demikian, Switch masih menjadi pemimpin untuk keseluruhan penjualan konsol di tahun 2021 sampai hari ini. Sedangkan PS5 dengan harga yang lebih mahal, memimpin pada penjualan per dollar.

Data penjualan yang dimiliki NPD mengenai pengeluaran konsumen US pada hardware game di bulan September 2021 meningkat sebanyak 49 persen jika dibandingkan pada waktu yang sama di tahun 2020. Dengan total 3,4 miliar USD, atau sekitar 47,8 triliun Rupiah.

Pada penjualan software, terdapt sejumlah milestones yang dicapai, tertuama untuk seri Tales milik Bandai Namco. Tales of Arise merupakan game terbar dalam seri tersebut, yang berhasil mencatat rekor penjualan dollar baru pada saat dirilis untuk keseluruhan franchise. Game ini juga berada di posisi kelima sebagai game paling laris untuk bulan September 2021.

Kinerja untuk mobile game juga meningkat hingga 28% jika dibandingkan dengan periode tiga bulan di tahun 2020. Genshin Impact merupakan game mobile dengan pendapatan tertinggi kedua di bulan September 2021.

Untuk platform Nintendo, WarioWare: Get It Together membuka bulan tersebut pada posisi kedua, berada di belakang Mario Kart 8 Deluxe.

Pada PS4 dan PS5, game sport seperti Madden NFL 22 dan FIFA 22 memimpin penjualan. Game Deathloop dan Tales of Arise berhasil memasuki posisi lima teratas. Hal ini juga mirip dengan platform Xbox, namun dengan Diablo II: Resurrected, dan Call of Duty: Black Ops Cold War. Tales of Arise berada di posisi ke enam chart Xbox.

Sumber: IGN, Siliconera

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More