PlayStation 5 Tidak Backward Compatible Dengan Game PlayStation 3 dan Game Dari Konsol Sebelumnya

Sesaat setelah acara PlayStation 5 pada bulan ini, PlayStation 5 Showcase berakhir, CEO dari Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan langsung di wawancarai oleh Famitsu. Dimana dalam wawancara tersebut ia membicarakan berbagai banyak hal mengenai konsol PlayStation 5, termasuk kemampuan backward compatibility konsol tersebut dengan game dari konsol sebelumnya, seperti PlayStation 4, serta PlayStation 3.

Dalam interview dengan Famitsu tersebut, Jim Ryan menyebutkan bahwa PayStation 5 akan memiliki kompatibilitas sebesar 99% dengan selutuh judul game PlayStation 4, setelah pihak tim pengembang melakukan pemeriksaan dan tes kepada seluruh game yang telah dirilis. Ia juga menyebutkan bahwa PlayStation Plus Collection, yang akan membuat para pemilik PlayStation 5 bisa memainkan game PlayStation 4 pilihan yang terkenal secara gratis, seperti Persona 5, Monster Hunter: World, dan Mortal Kombat X.

Namun, ketika ia ditanyai mengenai backward compatibility konsol next-gen Sony dengan game dari konsol PlayStation 3, dan game yang lebih lawas lainnya, Jim Ryan secara tegas mengatakan bahwa tim pengembang tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencoba hal tersebut.

Berikut sepenggal terjemahan wawancara Famitsu dengan Jim Ryan:

Famitsu: Kami juga terkejut ketika kami mendengar bahwa itu [PlayStation 5] akan memiliki 99% kompatibilitas dengan judul PS4. Ngomong-ngomong, apakah akan ada kompatibilitas dengan judul PS1, PS2, dan PS3?

Jim Ryan: Mengingat kami berfokus kepada teknik yang dikhususkan untuk PS5, selagi kami memproduksi konsol tersebut. Pada saat itu, PS4 telah memiliki 100 juta pemain, kami berpikir bahwa mereka ingin memainkan judul PS4 pada PS5 juga, jadi kami memasukan kompatibilitas dengan PS4. Ketika mengimplementasikan hal tersebut, kami juga memfokuskan upaya untuk menggunakan SSD berkecepatan tinggi, dan kontroler baru, DualSense di waktu yang bersamaan. Jadi, cukup disayangkan, kami tidak bisa mengimplementasikan kompatibilitas seperti itu.

Pernyataan dari Jim Ryan memberikan konfirmasi lanjutan bahwa PlayStation 5 tidak akan memiliki backwards compatibility dengan game PlayStation 1, 2, dan PlayStation 3. Pada akhir bulan Agustus 2020 kemarin, Ubisoft telah melakukan update pada halaman support mereka di situs Australia, dengan sebuah catatan yang menunjukan bahwa PlayStation 5 hanya memiliki backward compatibility dengan game PlayStation 4, dan tidak dengan game dari PlayStation 3, PlayStation 2, dan PlayStation.

PlayStation 5 akan tersedia di seluruh dunia pada tanggal 19 November, 2020 mendatang. Gamer pada beberapa negara tertentu akan dapat mencicipi konsol next-gen Sony terlebih dahulu pada tanggal 12 November, 2020 nanti.

Sumber: Siliconera

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More