PlayStation 5 Tidak Support Native 1440p

Konsol terbaru dari Sony, PlayStation 5 dikabarkan tidak mendukung resolusi native 1440p, tidak seperti konsol pesaingnya dari Microsoft, Xbox Series X dan Series S. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh pihak Sony PlayStation Europe pada minggu ini.

Berdasarkan laporan dari IGN Italy, Sony telah mengkonfirmasi bahwa konsol next-gen mereka tidak akan bisa memainkan game secara native pada resolusi yang direkomendasikan pada monitor PC gaming.

Konsol PlayStation 5 masih dapat berjalan dengan display tersebut, namun akan memaksa meningkatkan resolusi dari 1080p atau turun dari resolusi 4K. Bagaimanapun, resolusi 1440p tidak akan didukung oleh konsol itu sendiri.

YouTube player

Sony sendiri memiliki rekam jejak dengan hal semacam ini, pabrikan tersebut terkenal karena tidak mendukung non-standard definitions. Belum lama ini juga, diketahui bahwa konsol PlayStation 4 Pro memiliki batasan yang sama dalam hal 1440p, dan jika dilihat hal tersebut cukup aneh, karena cukup banyak game PS4 yang berjalan pada resolusi tersebut.

Jika kalian memainkan konsol kalian menggunakan TV sebagai displaynya, hal ini tidak akan berpengaruh. Karena biasanya monitor beresolusi 1440p merupakan pilihan yang di inginkan oleh para gamer PC untuk memastikan mereka dapat menikmati resolusi yang baik tanpa harus mengeluarkan dana lebih untuk 4K.

Namun, kenyataan bahwa konsol Xbox Series X dan Series S bisa berjalan dengan display 1440p, dan tidak dengan konsol PlayStation 5, akan membuat para calon pembeli memberatkan pilihan ke konsol Xbox, terutapa jika para calon pembeli menggunakan monitor PC yang biasa mereka gunakan sebagai display konsol.

Namun pada sisi lainnya, konsol PlayStation 5 masih memiliki kelebihan lainnya, dimana output maksimal yang bisa dikeluarkan adalah resolusi 8K, atau 4K di 120 frame per second dengan menggunakan HDMI 2.1.

Sumber: VG247

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More