PlayStation 5 Versi Baru Kemungkinan Lebih Baik Dibandingkan Versi Sebelumnya

Sebuah analisis baru dari model baru PlayStation 5 menyimpulkan bahwa terdapat beberapa komponen dari konsol tersebut yang sebenarnya berjalan lebih dingin dibandingkan model sebelumnya.

Pada bulan kemarin, YouTuber yang bernama Austin Evans merupakan salah satu dari sekian influencer yang mendapatkan konsol PlayStation 5model baru, yang telah dijual di beberapa wilayah pada bulan Agustus, dan memberikan kritik mengenai heatsink konsol tersebut yang ukurannya telah dikurangi, dimana ia menyimpulkan bahwa dengan ukuran heatsink yang lebih kecil maka akan membuat konsol tersebut berjalan lebih panas dibandingkan model terdahulunya.

Namun, sebuah analisis yang lebih mendalam oleh channel YouTube Hardware Busters telah membagikan lebih banyak hasil positif dalam pengujian temperatur.

Berbeda dengan hasil milik Evanas, dimana mengukur temperatur PlayStation 5 melalui ventilasi keluar, Hardware Busters mengukur temperatur melalui komponen internal konsol, dan menyimpulkan bahwa meski memiliki heat sink yang lebih kecil, CPU konsol ini sebenarnya berjalan lebih dingin.

https://www.videogameschronicle.com/files/2021/09/new-ps5-cooler-768x468.jpg

Dalam pengujiannya, Hardware Busters menemukan bahwa CPU dari model baru PS5 berjalan dengan temperatur 11 derajat Celcius lebih dingin dibandingkan model original di 40.08C vs 51.15C. Namun, memori dari PS5 model baru ini berjalan lebih panas, di 48.2C jika dibandingkan sebelumnya di 40.88C.

Perli diketahui bahwa karena channel YouTube ini hanya menguji satu buah konsol PS5 model baru, pabrikan bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil pengujian ini, dan Hardware Buster menunjukan bahwa terdapat kemungkinan berkontribusi pada perbedaan temperatur CPU.

YouTube player

“Kedua konsol ini memiliki kipas yang sama, konsumi power yang hampir sama, dan kecepatan kipas yang juga sama…. perbedaannya hanya di heat sink,” ucapnya mengenai model lama dan baru PS5.

“Kini terbukti bahwa heat sink di PlayStation 5 yang baru memiliki kinerja yang lebih baik… ya, meski lebih kecil dengan berat 300g lebih ringan, namun lebih efektif. Sayang mengukur bahwa terdapat 11C lebih rendah pada bagian CPU PS5 model baru.”

Pada pengujian Austin Evans sebelumnya, mengindikasikan bahwa model PS5 yang baru mengeluarkan panas 3 Celcius lebih tinggi dari ventilasinya jika dibandingkan model pertama. Namun, terdapat kemungkinan bahwa hal tersebut dapat terjadi karena model baru mengeluarkan panas lebih efisien.

Sumber: Gamerant, VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More