PlayStation Secara Resmi Hapus PlayStation Japan Dari Daftar Studio Mereka

Dikabarkan bahwa Japan Studio secara resmi telah dihapus dari daftar Studio milik Sony. Sebuah halaman yang ada di Situs PlayStation, yang berisikan daftar untuk setiap studio milik Sony, termasuk studio Insomniac Games, Naughty Dog, dan Guerrilla.

Pada bulan kemarin, seperti yang ditemukan oleh pihak PushSqaure, dan yang berhasil di dapatkan oleh Internet Archive, bahwa halaman tersebut masih mendaftarkan Japan Studio di daftar Studio mereka, menyebut studio tersebut sebagai “bakat yang berada di balik beberapa judul paling original PlayStation.”

Sedangkan untuk saat ini, Japan Studio telah tidak terpampang lagi. Dan yang berada di posisinya sekarang adalah Asobi, studio yang berada di belakang game Astro’s Playroom.

https://www.videogameschronicle.com/files/2021/07/sony-before-after.jpg

Sony sendiri menata ulang Japan Studio menjadi “sebuah organisasi baru” pada tanggal 1 April kemarin, dan mayoritas dari developer di studio tersebut dibiarkan keluar.

Developer ikonik yang berada di belakang game Ape Escape, Gravity Rush, dan Knack meninggalkan studio karena kontrak tahunannya tidak diperpanjang menjelang tahun bisnis baru perusahaan yang dimulai pada tanggal 1 April.

Staff bisnis dan lokalisasi masih tetap di tempat, dan Team Asobi akan terus menjadi studio mandiri di dalam Sony Japan.

Beberapa staff Japan Studio telah bergabung dengan Team Asobi, sedangkan yang lainnya mengikuti director Silent Hill dan Gravity Rush, Keiichiro Toyama, yang meninggalkan Japan Studio pada tahun lalu, ke studio barunya, Bokeh.

Alasan yang didapatkan oleh pihak VGC atas hal diatas adalah bahwa Sony Japan Studio tidak cukup menguntungkan dalam beberapa tahun belakangan ini, dimana para developer juga ingin membuat game yang menarik bagi market Jepang terlebih dahulu, dengan harapan bisa menarik bagi pasar global, sedangkan PlayStation menginginkan game yang menarik pasar global dari studio-studio first party mereka.

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More