Sony Menyematkan Wi-Fi 6 Pada PlayStation 5

Konsol PlayStation 5 akhirnya memiliki sesuatu hal pada bagian tertentu yang dapat mengalahkan spesifikasi yang ditawarkan oleh konsol pesaingnya, Xbox Series X, dari Microsoft.

Sebelumnya, secara resmi Sony telah memerlihatkan isi dari konsol PlayStation 5 melalui sebuah video PS5 Teardown oleh Yasuhiro Ootori, dari Hardware Design Division Sony Interactive Entertainment. Terlepas dari Yasuhiro menunjukan berbagai hal besar yang disematkan pada konsol tersebut, seperti heat sink berukuran masif dengan performa yang menyerupai vapor chamber, video tersebut juga memperlihatkan beberapa komponen kecil namun juga penting.

Dalam video teardown tersebut diperlihatkan bahwa setiap konsol PlayStation 5 akan hadir dengan sebuah wireless Wi-Fi 6, yang juga mendukung Bluetooth 5.1. Dimana Wi-Fi 6 merupakan nama lain untuk 802.11ax, yang dimana secara teoritis bisa menghasilakn kecepatan transfer sebesar 9,6 Gbit/s.

Dilansir dari VG247, salah satu keunggulan terbesar dari Wi-Fi 6 adalah, item tersebut memungkinkan router untuk mengelolah lebih banyak perangkat nirkabel dengan lebih efisien, dengan menjaga kecepatan lebih tinggi dan lebih konsisten di semua perangkat. Dengan kata lain, kecepatan Wi-Fi 6 bukanlah keunggulan terbesar jika dibandingkan dengan Wi-Fi 5, melainkan kecepatan yang memungkinkan router untuk menangani traffic dari berbagai perangkat yang ada di dalam rumah. Hal ini membuat konsol tersebut menjadi lebih future-proof. Untuk lebih lengkap mengenai Wi-Fi 6 bisa kalian simak di sini.

Video teardown tersebut juga mengkonfirmasi kecepatan dari berbagai port USB. USB Type-C yang ada di depan, bersama dua buah USB Type-A berwarna biru yang ada dibelakang, akan memiliki kecepatan yang tinggi, mencapai 10 Gbit/s. Sedangkan satu USB Type-A biasa saja yang disematkan di bagian depan, yang berwarna hitam.

Jika dibandingkan dengan konsol pesaingnya, Xbox Series X, dan Series S hanya memiliki sebuah chip Wi-Fi 5, dimana teknologi tersebut merupakan teknologi generasi saat ini.

Mengenai artikel teardown PlayStation 5 bisa kalian simak di sini.

Sumber: VG247

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More