Sony Resmi Mengumumkan Tanggal Rilis PlayStation 5 Pro

Raden Erlangga – Dalam acara PS5 Pro Technical Presentation, Sony secara resmi mengungkapkan beberapa detail baru mengenai PlayStation 5 Pro. Termasuk tanggal rilis resminya yang dijadwalkan pada 7 November. Presentasi yang dipimpin oleh Mark Cerny ini mengungkapkan tiga komponen utama PS5 Pro yang disebut sebagai “The Big 3”. Yakni upgrade GPU, Advanced Ray Tracing, dan teknologi AI Upscaling baru dari Sony.

YouTube player

PS5 Pro hadir dengan peningkatan GPU yang signifikan, memiliki 67% unit komputasi lebih banyak dibandingkan dengan PS5, serta peningkatan kecepatan memori sebesar 28%. Kombinasi ini menghasilkan peningkatan rendering game hingga 45%, serta frame rate yang lebih stabil tanpa mengorbankan kualitas visual. Kekuatan ekstra ini juga mendongkrak performa ray tracing, di mana pengembang dapat meningkatkan kecepatan ray tracing hingga dua hingga tiga kali lipat dibandingkan PS5.

Teknologi Baru di PS5 Pro

Selain itu, PS5 Pro dilengkapi teknologi AI Upscaling baru bernama PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR). Teknologi ini mampu meningkatkan kualitas visual, bahkan di resolusi lebih rendah, dengan hasil yang mendekati 4K atau lebih tinggi. Cerny juga menunjukkan beberapa game yang berjalan lebih lancar di PS5 Pro, seperti The Last of Us Part II yang dapat berjalan pada 60fps, dibandingkan dengan mode 30fps di PS5 standar.

PS5 Pro juga mendukung Wi-Fi 7, VRR, resolusi 8K, serta dilengkapi SSD 2TB yang lebih besar. Desain konektivitasnya juga diperbarui dengan tambahan port USB-C menggantikan salah satu port USB-A di bagian belakang. Untuk beberapa game yang dirancang khusus memanfaatkan fitur PS5 Pro, pembaruan software gratis akan tersedia, dengan label khusus “PS5 Pro Enhanced”. Sony menyebutkan ada sekitar 50 game yang akan mendapatkan pembaruan ini menjelang peluncuran konsol.

PS5 Pro versi digital-only akan dijual dengan harga $699.99 atau £699.99, dengan bundel yang mencakup SSD 2TB, controller DualSense, dan Astro’s Playroom yang sudah pre-install. Stand vertikal serta add-on disc drive dijual terpisah seharga £24.99 dan £99.99.

Berikut perkiraan harga PS5 Pro di Indonesia berdasarkan konversi dari harga resmi:

– USD $699.99 ≈ Rp 10.822.230
– £699.99 GBP ≈ Rp 14.160.160
– €799.99 EUR ≈ Rp 13.651.829
– ¥119,980 JPY ≈ Rp 13.044.296

Perkiraan harga ini bisa berbeda saat PlayStation 5 Pro resmi dirilis di Indonesia, mengingat faktor seperti pajak, bea masuk, dan biaya distribusi lokal.

Dan untuk berita seputar dunia game dan liputan lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More