Sony Ubah Keputusannya Mengenai Upgrade Horizon Forbidden West, dan Upgrade Gratis Untuk Game First-Party Crossgen

Sony belum lama ini telah memberikan pembaruan mengenai masalah Horizon Forbidden West, dimana terdapat kabar baik bagi kalian yang ingin meminang Horizon Forbidden West. Yakni, kini kalian bisa melakukan upgrade Horizon Forbidden West dari PlayStation 4 ke PlayStation 5. Namun terdapat kabar buruk, yaitu, Sony tidak akan lagi memberikan upgrade gratis setelah game Horizon Forbidden West ini. Jadi game-game crossgen eksklusif kedepannya, seperti God of War, dan Gran Turismo 7 tidak lagi akan mendapatkan perlakuan yang sama. Ketika dirilis nanti, keduanya akan memiliki opsi digital upgrade seharga 10 USD.

Pada minggu sebelumnya, Sony telah mengumumkan beberapa edisi berbeda, dan bonus pre-order untuk Horizon Forbidden West. Namun, informasi lebih penting yang diungkap pada pengumuman tersebut adalah bahwa para pemain yang berharap untuk melakukan upgrade dari versi PlayStation 4, ke PlayStation 5 harus membeli versi Digital Deluxe Edition. Lebih lanjut, kedua Collector’s Edition tidak menghadirkan versi fisik dari Forbidden West, dan menggantikannya dengan sebuah kode untuk mendownload game tersebut.

Tentunya keputusan ini mengecewakan sejumlah pihak, mengingat bahwa Sony sebelumnya menyatakan bahwa mereka akan memberikan upgrade gratis ke berbagai game cross-gen. Game-game seperti Final Fantasy XIV, dan Elden Ring juga mendapatkan upgrade PS5 secara gratis. Praktik ini juga semakin umum karena kelangkaan chip yang terus berlangsung telah membuat konsol next-gen sulit untuk di dapatkan. Selain itu, dari pihak pesaing, Xbox Series X, dan Series S juga menawarkan sebuah upgrade yang sama dengan nama “Smart Delivery.”

Sony sendiri mendapatkan kritik pada bulan Juli kemarin, setelah mengungkap Ghost of Tsushima Director’s Cut akan menghadirkan opsi upgrade next-gen yang mirip. Dan sepertinya Sony akan terus melanjutkan praktik ini. CEO Jim Ryan juga menyebutkan dalam sebuah pernyataan bahwa game-game first party exclusive cross-gen PlayStation akan menawarkan opsi upgrade 10 USD.

Perlu diingat bahwa hal ini hanya berlaku pada game first party cross-gen saja. Untuk game dari pihak ketiga, seperti Call of Duty, Grand Theft Auto, dan Fall Guys, tidak akan berpengaruh pada perubahan ini. Dimana pihak publisher bisa memilih untuk memberikan upgrade gratis atau tidak.

Mengenai Horizon Forbidden West sendiri, akan dirilis pada tanggal 17 Februari tahun depan di PS4 dan PS5.

Sumber: Siliconera, Kotaku

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More