Square Enix Dilarang Rilis Final Fantasy 16 di Arab Saudi: Karena Konten LGBTQ+?

Mengambil inspirasi dari dunia nyata untuk keberagaman orang-orang yang ada di dalam game merupakan sebuah langkah umum diambil oleh para developer, dan hal itu masih dilakukan hingga saat ini, dan tidak sedikit developer game yang memasukan beragam tren saat ini untuk game-game terbaru mereka. Namun karena kemungkinan terdapat sejumlah konten di dalam game yang tidak sesuai dengan nilai dan norma serta peraturan yang ada di suatu negara, terkadang membuat sebuah game akhirnya diputuskan untuk tidak dirilis di negara tertentu. Seperti yang terjadi dengan game Final Fantasy 16 dari Square Enix, yang akhirnya dilarang rilis di Arab Saudi. Rumornya karena konten LGBTQ+ yang dibawa oleh game itu.

Baru-baru ini dalam postingan Twitter dari divisi video game General Commission for Audiovisual Media menyebutkan kalau Final Fantasy 16 tidak akan dirilis di Arab Saudi. Pesannya karena terdapat sejumlah konten yang tidak dapat diterima Arab Saudi dan pihak developer tidak ingin membuat perubahan atas konten tersebut.

Konten LGBTQ+ ?

Usut punya usut, pada awal minggu ini Hattan Tawili, General Supervisor untuk divisi yang sama mengungkap situasi itu tanpa menyebutkan nama gamenya, dengan mengatakan kalau usaha mereka selama 8 bulan tidak berhasil, dan salah satu game terbesar yang akan dirilis tahun ini dilarang di Arab karena menolak memodifikasi konten agar sesuai dengan tempat perilisannya. Dan rumornya konten itu adalah konten LGBTQ+ yang sempat disinggung secara tidak langsung oleh penulis TrueGaming di Twitter.

Terlepas dari rumor mengenai konten LGBTQ+ yang ada di dalamnya, Final Fantasy 16 yang akan dirilis secara eksklusif untuk konsol PlayStation 5 nanti akan membawa angin segar untuk franchise FF itu sendiri dengan beragam perubahan yang dibawa oleh sang developer.

Bagaimana dengan kalian sendiri? Apakah masih tetap memainkan game ini meski rumornya ada konten LGBTQ+ ?


Dan untuk berita seputar dunia game lainnya bisa kalian dapatkan di YouTube, Instagram dan situs Share Button.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More