Square Enix Masih Profit Terlepas Marvel’s Avengers Yang Masih Merugi

Square Enix telah melaporkan pertumbuhan tahun ke tahun dalam laporan pendapatan terbarunya, meskipun terdapat kerugian di sisi bagian gaming selama dua kuartal berturut-turut.

Dalam sembilan bulan terakhir yang berakhir pada bulan Desember 2020, Square Enix melaporkan bahwa terdapat peningkatan penjualan bersih mereka sebesar 33,7% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019. Selain itu, pendapatan operasional perusahaan tersebut meningkat sebesar 47.7% menjadi 41,022 juta Yen. Hal ini membuat perusahaan tetap untung, namun tidak se-sehat tahun 2019, dimana profit pada tahun 2020 berada dibawah 2019 sebesar 4,3%. Terlepas dari ini, jika dibandingkan dengan forecast Square Enix, telah terdapat keuntungan sebesar 12,4%.

Faktor yang berhubungan dengan ini dapat dilihat pada slide presentasi Square Enix yang memberikan detail mengenai penjualan Game selama 9 bulan. Di Q1, dengan perilisan Final Fantasy 7 Remake, net sales perusahaan lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan tahun 2019 di periode yang sama. Pendapatan operasional juga meningkat bersamaan, yang menunjukan lonjakan hampir 15 miliar Yen.

Namun pada Q2 terdapat sebuah penurunan di bagian net sales dan pendapatan operasional, dengan operasional perusahaan mengalami kerugian sebesar 6 miliar Yen. Net Sales terus menurun di Q3, hanya bisa mendapatkan 18,8 miliar Yen, sedangkan pendapatan operasional berhasil meningkat, namun masih merugi. Penurunan ini berkorelasi dengan perilisan game Marvel’s Avenger di Q2, yang berjuang mempertahankan jumlah pemain mereka di Q3.

Meski game Marvel’s Avengers adalah game terlaris pada September 2020, Square Enix belum menutup biaya pengembangannya pada akhir November.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More