Survey: Penundaan Game Semakin Bertambah, Namun Studio Tetap Bertumbuh

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh GDC terhadap lebih dari 3000 profesional industri game, mengungkapkan bahwa penundaan game semakin memburuk seiring dengan berkembangnya pandemi, tetapi banyak studio game juga bertumbuh.

State of the Industry Survey dari Game Developers Conference mencatat bahwa 44% developer mengatakan bahwa mereka telah menunda game mereka selama pandemi. Hasil ini naik dari survey musim panas sebelumnya, yang melaporkan bahwa terdapat 33% (atau sepertiga dari semua developer game) telah menunda game mereka karena terdampak pandemi COVID-19.

Meskipun banyak dari penundaan tersebut bersifat internal, telah terlihat sejumlah besar game telah mengubah tanggalnya tahun ini.

Namun pada waktu yang bersamaan, hampir setengah dari studio game telah berkembang. 47% studio yang di survey mengatakan bahwa mereka telah menambah staf mereka selama setahun terakhir, dan 66% mengatakan bahwa produktivitas dan kreativitas tetap sama, atau bahkan meningkat.

Hal ini menunjukan bahwa pihak studio sudah mulai beradaptasi dengan cara bekerja dari rumah, dimana 41% dari mereka menyebutkan pada tahun lalu bahwa produktivitas terdampak karena kondisi kerja jarak jauh.

Untuk hasil survey secara menyeluruh bisa kalian simak di sini, dimana tersedia untuk kalian download secara gratis. Dalam survey yang sama, diungkapkan bahwa konsol PlayStation 5 merupakan konsol yang paling populer dan paling menarik untuk dikembangkan, sedangkan PC masih merupakan platform yang paling populer untuk para developer. Survey ini dilakukan menjelang Game Developers Conference 2021, dimana akan digelar secara digital pada tanggal 19 Juli sampai 23 Juli.

Sumber: IGN

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More