Teardown Terbaru PlayStation 5 Ungkap Ukuran Motherboard Yang Lebih Kecil

Iterasi terbaru dari konsol PlayStation 5 memiliki internal yang cukup berbeda dibandingkan dua iterasi sebelumnya.

YouTuber teknologi, Austin Evans telah mendapatkan sebuah model PlayStation 5 yang baru, CFI-1200, dimana telah dijual di Australia pada akhir bulan Agustus kemarin.

Pada akhir tahun kemarin, Evans telah melakukan yang sama dengan model CFI-1100 dan telah membuat kontroversi setelah mengklaim bahwa heatsink yang lebih kecil dapat membuat konsol tersebut menjadi model paling buruk, dimana teorinya kemudian ditepis oleh Digital Foundary bahwa pengurangan heatsink tersebut tidak lebih baik atau lebih buruk dibanding model awal PS5.

Dan untuk kali ini, Evans memiliki pendapat yang berbeda untuk CFI-1200 yang disebut bahwa memiliki sistem yang lebih baik, karena berbagai perubahan yang telah dibuat pada komponen internal konsol tersebut.

YouTube player

Evans menyebutkan bahwa model baru ini memiliki motherboard yang sepenuhnya berbeda dimana memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan model sebelumnya. Heatsink yang ada di model ini juga bahkan lebih kecil dibandingkan model CFI-1100, namun memiliki sebuah heatpipe yang berjalur ke sisi lain konsol tersebut, dimana Evans juga mencatat bahwa SSD memiliki enclosure shield yang lebih baik. Jika digabungkan, maka motherboard baru serta heatsink ini membuat berat konsol PS5 berkurang.

Evans juga mengklaim bahwa model baru memiliki konsumsi daya yang lebih efisien, dimana model pertama PS5 menarik sebanyak 218 watt, CFI-1100 menarik 229 watt, dan CFI-1200 menarik 201 watt.

Namun terdapat kekurangan yang ditemukan, yakni posisi baterai CMOS yang kini ditutui oleh heatsink. Evans menyebutkan bahwa jika sebelumnya kita dapat dengan mudah mengganti baterai tersebut, kini kita harus membongkar seluruh PS5 untuk mengganti baterai tersebut.

Sumber: VGC

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More