The Pokémon Company Catat Profit Tertinggi Pada Tahun Fiskal 2020-2021

Meski terdapat banyak hal yang terjadi tahun lalu, terutama pandemi COVID-19, Pokemon masih terus menjadi sebuah franchise game yang populer. Dan saat ini, The Pokemon Company tengah merayakan ulang tahun ke 25 Pokemon sejak franchise ini dimulai pada tahun 1996 hingga saat ini.

Berdasarkan informasi yang datang dari Official Gazette milik pemerintahan Jepang, melalui konsultan game Dr. Serkan Toto, franchise pokemon diperkirakan telah mengumpulkan 120 miliar Yen atau sekitar 15,6 triliun Rupiah pada tahun fiskal terakhir, yang berakhir pada tanggal 28 Februari, 2021. Laporan tersebut juga mencatat laba operasional sebesar 27.8 miliar Yen (sekitar 3,6 triliun Rupiah), dengan net profit sebanyak 18,6 miliar Yen (sekitar 2,4 triliun Rupiah).

Hal ini sebagiannya karena peningkatan pengeluaran di dalam game seperti Pokemon Go, dimana terlihat bahwa tingkat penjualan dari pengeluaran para pemain saja jika di totalkan mencapai 1 miliar USD. Game ini berhasil mengakumulasi pendapatan sepanjang 10 bulan pertama tahun 2020. Hal ini karena berbagai event baru, Mega Evolution, raid boss jarak jauh, dan konten lainnya yang dihadirkan pada game ini.

Faktor yang berkontribusi lainnya adalah perilisan expansion pass untuk game Pokemon Sword dan Pokemon Shield, dimana menghadirkan dua buah pack DLC untuk dibeli para pemain.

Untuk tahun fiskal yang sedang berjalan juga memiliki potensial yang cukup tinggi, dengan The Pokemon Company akan merilis game Brilliant Diamond dan Shining Pearl pada bulan November nanti, dengan Pokemon Legends: Arceus di bulan pertama tahun depan.

Sumber: Nintendo Life, Gamerant

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More